Keelokan Ngalau Indah Pangian Lintau Buo

Foto Harian Singgalang
×

Keelokan Ngalau Indah Pangian Lintau Buo

Bagikan opini

BATUSANGKAR - Salah satu gua aktif yang terletak di Nagari Pangian Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar dikenal dengan nama Ngalau Indah Pangian.  Secara historis gua ini merupakan tempat tinggal nenek moyang nagari pangian yang menjadi asal mula nama pangian berasal dari kata “penghunian” yang kemudian berubah jadi pangian. Secara geografis panjang gua ini sekitar 1 km yang tembus ke Kecamatan Tanjung Emas.Destinasi wisata alam ngalau indah pangian juga  memiliki keunikan  tersendiri, diantaranya gua ini memiliki stalaktit dan stalagmit yang masih aktif terbentuk secara alami dan ini menjadi salah satu kunci keindahaan ngalau indah pangian. Selain itu gua ini pernah disebut oleh penelusur gua asal prancis, sebagai gua terindah di asia tenggara. Tak hanya menjadi destinasi wisata, ngalau indah pangian juga menjadi suatu hal yang menghasilkan dari burung wallet yang bersarang di dalam ngalau indah pangian.

Ngalau ini merupakan wisata dengan minat khusus, dan tidak disarankan untuk wisata keluarga karena risiko tinggi akan debit air yang tidak dapat diprediksi. Beberapa minat khusus yang dapat dilakukan adalah panjat tebing, berkemah dan susur gua. Kegiatan ini  mengharuskan menggunakan alat keselamatan seperti pelampung, helm dan peralatan khusus lainnya dengan standar internasional.Dalam kegiatan KKN Tematik Unand di Nagari Pangian, mahasiswa bersama dengan pemuda dan pengurus pokdarwis berkesempatan mengunjungi Ngalau Indah Pangian. Sebelum mencapai mulut ngalau kami menempuh perjalanan selama kurang lebih 15 menit dari posko dan menyebrangi sungai dengan tinggi air selulut orang dewasa. Selama perjalanannya kami menuju dengan berjalan kaki melewati tanjakan, jalan sempit dan semak belukar yang disebabkan curah hujan yang tinggi dan kurang terjamahi selama beberapa bulan ini.

Keelokan dan keasrian yang masih mengental di sekitar ngalau berhasil membayar seluruh  tantangan dalam perjalanan menuju pesona yang indah. Suara air yang mengalir, kicauan burung, suara burung wallet , dan derikan pohon yang memanjakan mata dan telinga para wisatawan. Suatu pengalaman baru yang menjadi penyempurna puzzle dalam cerita selama KKN , dengan satu kalimat “Ini Baru Petualangan Pangian”Seiring dengan melihat keelokan Ngalau, Bang Teqi Sekretaris Pokdarwis juga menambahkan, bagi wisatawan yang ingin berkunjung dikenakan tarif  Rp.5000 per orang. Nanti pengunjung akan diarahkan pemandu wisata, serta penyewaan perlengkapan dalam menyusuri Ngalau juga disediakan pengurus Pokdarwis Pangian.

Untuk informasi lebih lanjut bisa mengunjungi  instagram pokdarwis pangian @pesona.pangian dan halaman facebook @pesona pangian serta tiktok @ngalaupangian. (***0

Tag:
Bagikan

Opini lainnya
Ganefri
Terkini