Green Finance untuk Mendukung Pertumbuhan Ekonomi Berkelanjutan

Foto Harian Singgalang
×

Green Finance untuk Mendukung Pertumbuhan Ekonomi Berkelanjutan

Bagikan opini

Oleh: Liza Zulbahri, S.E., M.M

Green Finance adalah konsep keuangan yang berfokus mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Green Finance didasarkan pada prinsip, praktik, dan produk keuangan yang mempromosikan investasi hijau dan meminimalkan dampak negatif kegiatan keuangan terhadap lingkungan dan sosial.

Green Finance memiliki beberapa peran penting yaitu, mendorong investasi di sektor hijau, mengurangi risiko perubahan iklim, mendorong transparansi dan pelaporan, dan mendorong akses keuangan.

Green Finance dapat memberikan pembiayaan untuk sektor-sektor yang bertujuan mengurangi emisi karbon, memperbaiki efisiensi energi, meningkatkan pengelolaan limbah, dan memperbaiki pengelolaan air dan sumber daya alam lainnya.

Green Finance membantu mengurangi risiko dampak perubahan iklim terhadap bisnis, investor dan perekonomian secara keseluruhan.

Green Finance mendorong adopsi standar pelaporan dan transparansi dalam investasi yang berkelanjutan, sehingga memudahkan stakeholder untuk mengukur dampak investasi pada lingkungan dan masyarakat.

Green Finance juga dapat membantu meningkatkan akses keuangan bagi masyarakat, terutama mereka yang tinggal di daerah pedesaan dan kurang berkembang.

Ada tiga prinsip utama yang terdapat pada Green Finance diantaranya: menjaga keberlanjutan lingkungan yang mana dalam prinsip ini mendorong pengambilan keputusan investasi yang berkelanjutan yang mempertimbangkan dampak ekologis jangka panjang dari suatu proyek atau kegiatan.

Kemudian prinsip lainnya adalah mempromosikan inovasi dan teknologi hijau yang mendorong pengembangan dan penerapan teknologi yang ramah lingkungan, serta inovasi dalam investasi dan kegiatan keuangan yang dapat membantu mengurangi emisi karbon.

Tag:
Bagikan

Opini lainnya
Ganefri
Terkini