Catatan Ilham Bintang: Tentang 3 Ikon Jepang yang Mendunia, Isuzu, Toyota, dan Shinkansen

Foto Harian Singgalang
×

Catatan Ilham Bintang: Tentang 3 Ikon Jepang yang Mendunia, Isuzu, Toyota, dan Shinkansen

Bagikan opini

Masih tentang press tour "Japan Trip 2023" yang diinisiasi oleh Astra International, 24-28 Oktober. Jumat (27/10) pagi, hari keempat, rombongan mengunjungi Toyota Commemorative Museum di Nagoya. Satu setengah jam perjalanan kereta cepat Shinkansen dari Tokyo.Perjalanan itu melengkapi pengenalan rombongan "Astra Japan Trip 2023 "secara mendalam sekurangnya pada tiga ikon Jepang yang mendunia. Yaitu : Isuzu, Toyota, dan Shinkansen sendiri.

Sehari sebelumnya, Kamis (26/10) rombongan mengunjungi pabrik Isuzu di Fujisawa, satu setengah jam dari Tokyo berkendara bus. Tema Astra Japan Trip 2023 yang dipimpin oleh Boy Kelana Soebroto Boy, Head of Corporate Communications Astra, dan staf Wisnu Wijaya dan Regina Panontongan memang bertema : " Untuk Hari Ini dan Masa Depan".// Toyota Pada Awalnya Pabrik Tekstil //

Siapa mengira raksasa otomotif, Toyota, yang tampak sangat atraktif memamerkan produk mutakhirnya di dalam Japan Mobility Show 2023 (25 Oktober - 5 November) awalnya adalah pabrik tekstil. Di pameran terbesar di Tokyo itu,Toyota Motor Corporation (TMC) mengenalkan sejumlah model teknologi termutakhir mulai dari BEV Land Cruiser Se hingga kendaraan luar angkasa.Model konsep SUV tiga baris ikonik Toyota itu menggunakan tenaga berbasis baterai atau Battery Electric Vehicle (BEV), yang dinamai Land Cruiser Se.

Dengan teknologi BEV, mobil handal dan nyaman untuk segala medan, berkendara di dalam kota maupun off-road. Dalam JMS Toyota tampak serius mengembangkan teknologi kendaraan masa depan dengan menampilkan prototipe kendaraan yang dapat digunakan hingga di bulan dan luar angkasa lainnya.Mobil luar angkasa yang bertenaga listrik memiliki spesifikasi ukuran panjang 3.460 mm, lebar 2.175 mm, dan tinggi 1.865 mm, dengan kapasitas dua penumpang.

Toyota juga mengenalkan sejumlah model kendaraan dan teknologi lainnya. Antaranya, konsep truk pikap ukuran sedang BEV bernama EPU, sepeda lipat elektrik tiga roda Land Hopper, kursi roda elektrik JUU, hingga konsep kokpit baru yang disebut NEO Steer. Keseriusan Toyota di industri otomotif terangkum dalam jejak rekam perjalanannya di Toyota Commemorative Museum.Bahkan mesin- mesin tenun pabrik tekstil yang menjadi cikal bakal Toyota tersimpan lengkap di museum itu. Berangkat dari industri tekstil, perusahaan yang memproduksi 1 mobil setiap 50 menit ini menggunakan nama Toyota karena penyebutannya lebih enak daripada memakai nama keluarga pendirinya, Toyoda.

Toyota Motor Corporation didirikan pada September 1933 sebagai divisi mobil dari Pabrik Tenun Otomatis Toyoda. Kelak, divisi mobil perusahaan tersebut dipisahkan pada pada tahun 1937 untuk menciptakan Toyota Motor Corporation seperti saat ini.Toyota merupakan pabrikan mobil terbesar di dunia dalam unit sales dan net sales. Pabrikan terbesar di Jepang ini menghasilkan 8-8,5 juta unit mobil di seluruh dunia tiap tahunnya.

Dibandingkan dengan industri-industri otomotif lain yang menggunakan nama pendirinya sebagai merek dagang seperti Honda yang didirikan oleh Soichiro Honda, Daimler-Benz (Gottlieb Daimler dan Karl Benz), Ford (Henry Ford), nama Toyoda tidaklah dipakai sebagai merek. Karena berangkat dari pemikiran sederhana dan visi waktu itu, penyebutan Toyoda kurang enak didengar dan tidak akrab dikenal sehingga diplesetkan menjadi Toyota.Pendiri Toyota, Sakichi Toyoda lahir pada bulan Februari 1867 di Shizuoka, Jepang. Pria itu dikenal sebagai penemu sejak berusia belasan tahun. Toyoda mengabdikan hidupnya mempelajari dan mengembangkan perakitan tekstil. Dalam usia 30 tahun Toyoda menyelesaikan mesin tenun. Ini kemudian mengantarnya mendirikan cikal bakal perakitan Toyota, yakni Toyoda Automatic Loom Works, Ltd. pada November 1926.

Di sini hak paten mesin tekstil otomatisnya kemudian dijual kepada Platt Brothers & Co, Ltd. dari Inggris, Britania Raya. Hasil penjualan paten ini, dijadikan modal pengembangan divisi otomotif. Mulai tahun 1933, ketika Toyoda membangun divisi otomotif, tim yang kemudian banyak dikendalikan oleh anaknya Kiichiro Toyoda, tiada henti menghasilkan inovasi-inovasi terdepan di zamannya. Mesin Tipe A berhasil dirampungkan pada 1934. Setahun kemudian mesin ini dicangkokkan prototipe pertama mobil penumpang mereka, A1. Divisi otomotif Toyoda juga menghasilkan truk model G1.Pada tahun 1936 mereka meluncurkan mobil penumpang pertama mereka, Toyoda AA (kala itu masih menggunakan nama Toyoda). Model ini dikembangkan dari prototipe model A1 dan dilengkapi bodi dan mesin A. Kendaraan ini dari awal diharapkan menjadi mobil rakyat.

Empat tahun menunggu dirasa cukup melahirkan perusahaan otomotif sendiri dan melepaskan diri dari industri tekstil mereka. Kemudian tahun 1937 mereka meresmikan divisi otomotif dan memakai nama Toyota, bukan Toyoda seperti nama industri tekstil.Pengambilan nama Toyota dalam bahasa Jepang terwakili dalam 8 karakter, dan delapan adalah angka keberuntungan bagi kalangan masyarakat Jepang. Alasan lain yang dianggap masuk akal adalah industri otomotif merupakan bisnis gaya hidup dan bahkan penyebutan sebuah nama (dan seperti apa kedengarannya), menjadi sisi yang begitu penting. Karena nama Toyoda dianggap terlalu kaku di dalam bisnis yang dinamis sehingga diubah menjadi Toyota yang dirasa lebih baik. Tak ayal, tahun 1937 merupakan era penting kelahiran Toyota Motor Co, Ltd. cikal bakal raksasa Toyota Motor Corp (TMC) sekarang.

Pada tahun 1947, penjualan mobil Toyota di dalam negeri sudah mencapai 100.000 kendaraan. Setelah era Perang Dunia II berakhir, tahun 1950-an merupakan pembuktian Toyota sebagai penghasil kendaraan serba guna tangguh. Waktu itu kendaraan Jeep akrab di Jepang. Terinspirasi dari mobil ini, Toyota kemudian mengembangkan prototipe Land Cruiser yang keluar tahun 1950. Pada tahun yang sama pula Toyota mendirikan Toyota Motor Sales co., Ltd, anak perusahaan Toyota Motor Co., Ltd yang menangani penjualan, pemasaran dan distribusi Toyota. Setahun kemudian meluncurkan secara resmi model awal Land Cruiser yakni model BJ.Bulan Juli tahun itu, test drivernya Ichiro Taira mengakhiri uji coba dengan hasil luar biasa. Diinspirasi oleh tokoh Samurai Heikuro Magaki yang mendaki Gunung Atago di atas kuda tahun 1643, Taira mengemudikan Toyota BJ-nya ke kuil Fudo di kota Okazaki. Ini sekaligus dipakai sebagai promosi ketangguhan mobil segala medan ini.

Tag:
Bagikan

Opini lainnya
Ganefri
Terkini