Awak Buek Masjid untuak Amak Jo Abak

Foto Harian Singgalang
×

Awak Buek Masjid untuak Amak Jo Abak

Bagikan opini

Oleh Khairul Jasmi"Da kama mambali semen nan capek, awak sadang membuek masjid untuk abak," kata Komjen Pol (purn) H. Suhardi Alius kepada saya beberapa bulan silam. Dan, pada Senin (11/9) saya hadir dalam peresmian masjid tersebut.

Ada dua masjid, pertama sudah agak lama juga siap, tak jauh dari jembatan timbang, Lubuak Selasih. Yang kemarin diresmikan lokasinya di Tabek Rangguang, Jorong Linjuang, Koto Tinggi Koto Tinggi, Nagari Koto Gaek Guguak Solok. Nama masjid ini, H. Alius. Inilah masjid, "untuak abak," Suhardi Alius. Sedang untuk amaknya diberi nama, Masjid Hajjah Alisma Alius. Para bintang hadir dalam peresmian Senin pagi kemarin itu."Pak Jenderal bayar tunai semennya, Pak," jawab marketing Semen Padang kepada saya.

"Mantap," jawab saya.[caption id="attachment_170372" align="aligncenter" width="700"] Masjid H. Alius[/caption]

Masjid untuk abak ini, siap dibangun selama 6 bulan. Maka walinagari Koto Gaek berbesar hati. Masjid ini berdiri di atas tanah wakaf seluas 1200 meter." Uda, masjid mau diresmikan, bisa hadirkan?" kata Jenderal ini. Maka hadirlah saya dan menyaksikan masjid itu memang coga. Sebuah menara nan cantik berdiri lebih tinggi dari masjid bercat kuning parchment. Masjid terlihat gagah karena bagian pintu masuk diberi terawang warna coklat lembut dan putih. Masjid ini diresmikan oleh Irwasum Mabes Polri, Komjen Pol Ahmaf Dofiri yang datang didampingi Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono.

Bupati Solok, Epyardi Asda, bangga pada Suhardi Alius yang membangun masjid dan selesai tepat waktu. Ia minta agar tokoh ini ikut aktif membangun Solok.Dua masjid untuk ibu dan ayah adalah hadiah terindah. Kepada saya Suhardi menyebut, ia amat sayang pada ibunya. Suhardi asli Tanjuang Alai, X Koto Singkarak.

"Saya kira lengkaplah pengabdian Suhardi sebagai seorang anak pada orangtuanya," kata Rektor UNP Prof. Ganefri dalam sambutannya.Menurut Irman Gusman, inilah masjid kembar yang baru, cantik dan ada pesan moral yang takzim di masjid itu.

Suhardi Alius menyebut, masjid untuk amak, dibangun di Batang Barus di atas tanah 3000 meter. Masjid dibangun setahun setelah ibunya meninggal. Pada 2023 ia bangun 16 Meret dan diresmikan 11 September bertepatan dengan hari kelahiran istrinya, Ny Riri.Ayah Suhardi, bernama Alius berpangkat kombes pada 1995.ia wafat bersandar pada sang istri. Pada 2020 ibunya yang dipanggil Tuhan. Dalam masjid dekat migrab ada ruang foto kedua orang tuanya.

Masjid Alius berdiri di atas tanah wakaf atas nama 4 orang, Gusmarni Dt Baso dkk. Tanah wakaf itu ada di kaki bukit kecil dengan panorama yang bagus***

Tag:
Bagikan

Opini lainnya
Terkini