Raih Medali Pada Pra Popnas dan Pomnas, IPSI Sumbar Berikan Bonus untuk Atlet dan Pelatih

Foto Harian Singgalang
×

Raih Medali Pada Pra Popnas dan Pomnas, IPSI Sumbar Berikan Bonus untuk Atlet dan Pelatih

Bagikan opini

PADANG - Pengurus Provinsi (Pengprov) Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Sumatera Barat (Sumbar) memberikan bonus untuk atlet dan pelatih yang berhasil meraih medali pada ajang Pra Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) Zona I yang diadakan di Jakarta, dan Pekan olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) yang diselenggarakan di Kota Padang beberapa waktu lalu.Penyerahan bonus dilaksanakan Pengprov IPSI Sumatera Barat di rumah dinas Ketua DPRD Sumbar, Sabtu (24/12).

Ketua Umum IPSI Sumbar, Supardi mengatakan, pemberian bonus merupakan upaya memotivasi atlet dan pelatih agar bisa lebih berprestasi pada sejumlah kejuaraan silat yang akan diadakan 2023 mendatang. Bonus yang dibagikan merupakan usaha dari internal IPSI Sumbar untuk menghargai presetasi yang diraih.“Bagi kita di IPSI, kita harus bisa belajar menghargai prestasi yang ditunjukkan anak-anak kita, termasuk pelatih. Kalau bukan kita, siapa lagi yang akan menghargai,” ujar Supardi.

Memberikan bonus sebagai wujud apresiasi terhadap atlet ia harapkan juga bisa menjadi perhatian bersama dari pemerintah provinsi, dan seluruh cabang olahraga (Cabor) yang ada di Sumbar.“Butuh proses panjang dari para atlet untuk bisa mendulang prestasi, hingga kemudian mereka mampu mengharumkan nama daerah. Sebabnya, ini harus menjadi perhatian bersama dalam memotivasi para atlet di seluruh cabang olahraga, muaranya tentu prestasi yang lebih baik,” kata Supardi.

Ia menuturkan, UNESCO telah menetapkan silat sebagai seni bela diri yang berasal dari Indonesia.Namun dari seluruh provinsi yang ada, dari Sumbar lah olahraga ini bermula. Daerah ini, imbuh Supardi, adalah gudangnya dari para pesilat. Maka dari itu silat Sumbar harus kembali berjaya.

Untuk membawa silat Sumbar kembali berjaya, IPSI Sumbar menargetkan pada Pra Pekan Olahraga Nasional (PON) 2023 mendatang bisa menembus tiga besar. Sementara untuk helatan PON 2024, IPSI Sumbar menargetkan bisa meraih peringkat 5 secara nasional.Sementara itu, Bendahara IPSI Sumbar Refdi Amon mengatakan, pemberian bonus dari pengurus cabang merupakan sejarah baru bagi dunia olahraga Sumbar, biasanya pengurus cabang olahraga menunggu dulu anggaran APBD.

"Biasanya atlet yang meraih medali, pada ajang Porprov, Porwil dan PON, diberikan bonus melalui APBD, baru kali ini pengurus cabang olahraga memberikan bonus untuk cabang olahraganya sendiri" katanya.Dia merincikan adapun atlet dan pelatih penerima bonus dalam ajang POMNAS adalah Fadlan Rusli M, Tri Bintang Syanu

Yuni Utari, Winda Novi Yalni, Mulana Irfan, Aulia Refni Gusanti, Fauzan Jonafri, Sahripal Effendi, Juanda Putra, Weny Sasmitha."Pada Pomnas yang diselenggarakan di GOR UNP Air Tawar, tanggal 17-26 November 2022, atlet IPSI Sumbar berhasil meraih empat emas dan tiga perak," katanya.

Sementara itu pada Pra Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) Zona I yang diselenggarakan di Jakarta, pada 24-30 November 2022, atlet IPSI Sumbar berhasil meraih sembilan emas, tiga perak dan tiga perunggu.Berikut nama pelatih dan atlet yang mendapat bonus pada ajang tersebut, Andrean Jamil, Muhammad Zaki, Fikri Aulia Pratama, Denis Afrida Yani, Silvi Wahyuni, Nur Rahmi, M Iqbal, M Zaki

Reydo Fisabililah, Ramaken Sigit, Shelma Tussadiyah, Raudatul Aisy Irsad, Zahra Padil, Muhammad Zaki, Denis Afrida Yani.(401)

Tag:
Bagikan

Opini lainnya
Terkini