Pengembangan Model Pembelajaran Group Investigation Project Oriented pada Mata Kuliah Pemrograman Web

Foto Harian Singgalang
×

Pengembangan Model Pembelajaran Group Investigation Project Oriented pada Mata Kuliah Pemrograman Web

Bagikan opini

Oleh ZamzamiMahasiswa Program Doktor Pendidikan Teknologi dan Kejuruan

Salah satu kemampuan yang harus dimiliki peserta didik pada era 4.0 adalah bahasa pemrograman, salah satunya Web. Mata kuliah ini memiliki peran yang besar dalam perkembangan teknologi infomasi (TI), karena merupakan salah satu ilmu dibidang rekayasa piranti lunak komputer yang dapat mendukung potensi lulusan perguruan tinggi untuk bersaing di era industri 4.0, sehingga penting untuk dapat dikembangkan agar memberikan bekal dan keterampilan kepada mahasiswa perguruan tinggi.Namun, berdasarkan studi pendahuluan dan analisis kebutuhan (need analysis) yang dilakukan pada mata kuliah Pemrograman Web pada mahasiswa program studi Sistem Informasi Universitas Lancang Kuning, khusus pada mata kuliah wajib dalam rentang waktu empat tahun terakhir ditemukan hasil belajar dan kemampuan memecahkan masalah dalam mata kuliah Pemrograman Web yang masih rendah, sehingga perlu pengembangan model pembelajaran yang relevan dengan situasi pembelajaran saat ini.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah model pembelajaran Group Investigation Project Oriented (GIPO) pada mata kuliah Pemrograman Web yang valid, efektif dan praktis. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development), metode dan prosedur pengembangan menerapkan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Model pembelajaran Group Investigation Project Oriented (GIPO) menggunakan 7 langkah, yaitu Star with the essential question, Design a plan for the project, Create a schedule, Carrying Out the investigation, Monitor the student and the progress of the project, Presenting the Final Report, dan Evaluate the experience.Teknik analisis menggunakan uji Aiken'S V, dan validitas menggunakan uji pakar dan Focus Group Discussion (FGD). Uji kepraktisan dilakukan penerapan produk kepada tenaga pendidik dan peserta didik dalam bentuk angket kepraktisan produk dan untuk menguji efektivitas produk dengan eksperimen Two-Group Pretest dan Posttest Design.

Temuan penelitian adalah sebuah Model Pembelajaran Group Investigation Project Oriented (GIPO) pada mata kuliah Pemrograman Web. Model Pembelajaran Group Investigation Project Oriented (GIPO ini mampu meningkatkan kemampuan 4C (Critical Thinking, Communication, Collaboration, dan Creativity) peserta didik dengan cara bekerja sama dengan kelompok belajarnya, model dan sistem pendukung memenuhi kriteria validitas, disusun berbasis model penelitian dan pengembangan (Research-Based Model) dan layak digunakan menurut para pakar. Implikasi penelitian ini bahwa Model Group Investigation Project Oriented (GIPO) yang dikembangkan mampu meningkatkan hasil belajar mata kuliah Pemrograman Web.Terjadi perubahan sikap, baik tenaga pendidik maupun peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran. Perubahan sikap menjadi syarat utama dalam mencapai keberhasilan sebuah inovasi. Terjadi peningkatan rata-rata sebenar 11% pada kompetensi yang dimiliki peserta didik, hal ini dapat diasumsikan bahwa dengan model pembelajaran Group Investigation Project Oriented (GIPO) mampu meningkatkan kompetensi critical thinking, communication, collaboration, dan creativity yang dimiliki peserta didik secara simultan.

Bagi mata kuliah Pemrograman Web model Group Investigation Project Oriented (GIPO) ini mempermudah teori-teori abstrak dalam mata kuliah Pemrograman Web untuk dipahami peserta didik, sehingga dengan pemahaman teori Pemrograman Web ini dapat melahirkan programmer handal yang dapat memajukan perkembangan teknologi di Indonesia. (*)*) artikel ini ditulis berdasarkan disertasi untuk memenuhi sebagian persyaratan untuk mendapatkan gelar Doktor Pendidikan Teknologi dan Kejuruan dengan promotor (1) Prof. Dr. Nizwardi Jalinus, M.Ed., Ph.D., dan (2) Dr. Waskito, MT.

Tag:
Bagikan

Opini lainnya
Ganefri
Terkini