Menteri Sandiaga Uno Kagumi Istano Basa Pagaruyung

×

Menteri Sandiaga Uno Kagumi Istano Basa Pagaruyung

Bagikan berita
Foto Menteri Sandiaga Uno Kagumi Istano Basa Pagaruyung
Foto Menteri Sandiaga Uno Kagumi Istano Basa Pagaruyung

BATUSANGKAR - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyatakan kekagumannya pada destinasi Istano Basa Pagaruyung.Untuk ini, ia menawarkan penataan Pagaruyung dengan konsep pariwisata baru, yaitu nature and culture (berbasis sumber daya alam dan kebudayaan).

"Saya berbahagia kembali ke sini, ke Istano Basa Pagaruyung ini untuk kesekian kalinya. Menemukan kearifan lokal, melestarikan konsep pariwisata baru, yaitu nature and culture atau berbasis sumber daya alam dan kebudayaan. Ini yang kita dorong ke arah pariwisata dengan konsep berkualitas dan keberlanjutan,” kata Sandy usai menaiki rumah gadang Istano Basa Pagaruyung, Kamis (22/4).Kedatangannya, didampingi Anggota DPR RI Andre Rosiade dan Wakil Gubernur Audy Joinaldy.

Menurutnya, Istano Basa Pagaruyung merupakan destinasi yang memiliki kekuatan iconic menjadi penarik utama kunjungan ke Sumatera Barat, seperti yang dikatakan belum disebut ke Sumatera Barat, kalau belum ke Istano Basa Pagaruyung.Ia menyatakan menghadiahkan satu event berskala nasioal yang sudah masuk dalam kharisma event nusantara, yaitu event Festival Pesona Minangkabau yang akan dilaksanakan di bulan Juli nanti. Dimana bantuan tertuang dalam DAK yang akan dieksekusi.

Menteri yang mendengarkan pemaparan Bupati Tanah Datar Eka Putra terhadap kondisi Istano Basa Pagaruyung, menyebut membantu iven Festival Budaya Minangkabau.“Awalnya, ada keragu-raguan dalam pelaksanaan iven, tapi atas dukungan Kapolri dan Presiden juga, siap dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin. Mohon dukungan dari pak Kapolres, pak Dandim dan semua satgas agar kepatuhan kita tidak menyebabkan peningkatan angka Covid-19 serta pariwisata dan ekonomi kreatif tidak dituduh sebagai pemicu peningkatan kasus,” timpalnya.

Ia menyebut punya data jika pariwisata dan ekonomi kreatif dijalankan patuh dengan protokol kesehatan dan disiplin, merupakan aktifitas yang diperbolehkan dan justru menggerakkan perekonomian, karena menginginkan pulihnya ekonomi ke depan.Menurut Sandi, walaupun Sumatera Barat tidak ada yang masuk destinasi super prioritas, seperti Danau Toba, Labuan Bajo dan lainnya, namun destinasi wisatanya relatif berdekatan dan infrastruktur relatif terbangun, serta masyarakatnya sangat welcoming kepada pariwisata dan ekonomi kreatif dan ekosistemnya sudah jalan.

Ia menyakini sangat optimis bahwa kepulihan ekonomi akan dilokomotifkan oleh sektor pariwisata dan ekonomi kreatif khususnya di Sumatera Barat.Bupati Eka Putra menyebut sudah mendapat kepastian bagi bantuan pengembangan Istano Basa Pagaruyung berupa pembangunan parkir dan kios-kios cindera mata untuk UMKM.

“Parkiran dan kios-kios kondisinya baru 70 persen. Alhamdulillah sudah diaminkan oleh Bapak menteri untuk dituntaskan dan membangun rumah-rumah adat mewakili kabupaten/kota di Sumatera Barat yang nantinya berfungsi sebagai homestay,” ucapnya. (ydi)

Editor : Eriandi, S.Sos
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Ganefri
Terkini