Menteri ESDM Itu Orang Nareh, Putra Pemilik PO Kawan

×

Menteri ESDM Itu Orang Nareh, Putra Pemilik PO Kawan

Bagikan berita
Foto Menteri ESDM Itu Orang Nareh, Putra Pemilik PO Kawan
Foto Menteri ESDM Itu Orang Nareh, Putra Pemilik PO Kawan

[caption id="attachment_36725" align="alignnone" width="539"]Menteri ESDM Archandra Tahar. (*) Menteri ESDM Archandra Tahar. (*)[/caption]PARIAMAN - Sosok Arcandra Tahar (46) jadi buah bibir di kalangan elit negeri tak kala dia diumumkan oleh Presiden Joko Widodo mengisi jabatan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menggantikan Sudirman Said, Rabu (27/6).

Tak banyak ditemui literatur yang menerangkan siap serta latar belakang Arcandra Tahar, sosok muda di barisan Kabinet Kerja Jokowi-JK itu. Usut punya usut, ternyata Arcandra  adalah putra asli Pariaman.Rumah orangtuanya di Nareh, Kecamatan Pariaman Utara. Dia masih punya keluarga besar dan sanak saudara di Nareh. Bahkan, lebaran kemaren Arcandra Tahar sempat mudik ke Pariaman dari Amerika.

Mulyeti (48) kakak sepupu Arcandra Tahar yang ditemui di rumahnya di Nareh mengatakan, Arcandra Tahar adik sepupunya itu adalah anak ketujuh dari delapan bersaudara. Ayahnya almarhum Taharuddin (80) dan ibunya almarhumah Zuraida (75)."Ibu Arcandra almarhumah Zuraida adalah kakak kandung ibu saya bernama Asma (73). Saya panggil etek ke ibu Candra. Suku kami Piliang. Keluarga kami banyak di Nareh ini," kata Mulyeti menjelaskan sosok Arcandra Tahar.

Diceritakan, kalau sosok ayah Arcandra, mungkin se-Pariaman orang sudah tahu. Ayahnya dulu dikenal sebagai pengusaha angkutan umum. Pemilik bus angkutan legendaris asal Piaman, PO. KAWAN. Bus itu sampai sekarang masih beroperasi.Mulyeti menuturkan, Arcandra Tahar adalah sosok yang sangat dekat dengan keluarga besarnya. Dia sering pulang ke Pariaman, kalau ada acara-acara keluarga. Lebaran Hari Raya Idul Fitri 1437 H kemaren Arcandra pulang ke Nareh dari Amerika.

Sejak kecil, keluarga Arcandra tinggal di Padang. Arcandra menempuh pendidikan di Padang sampai SLTA. Tamat SLTA dia masuk kuliah S1 di ITB. Tamat ITB, kemudian dia bekerja di perusahaan asing.Beberapa tahun kemudian Arcandrahijrah ke Amerika Serikat melanjutkan  kuliah S2 sampai S3. Sampai sekarang dia menetap di Amerika Serikat dan menjalankan sebuah perusahaan minyak disana.

"Arcandra itu sejak kecil anaknya memang pintar. Dia tekun belajar. Itu pula makanya dia bisa kuliah di ITB, kemudian sampai ke Amerika Serikat. Dan Alhamdulillah, kini diangkat jadi Menteri ESDM membantu Presiden Joko Widodo," kata Mulyeti. (tomi)

Editor : Eriandi, S.Sos
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Ganefri
Terkini