Menparekraf Sandiaga Uno Kagumi Karya Emi Arlin

×

Menparekraf Sandiaga Uno Kagumi Karya Emi Arlin

Bagikan berita
Foto Menparekraf Sandiaga Uno Kagumi Karya Emi Arlin
Foto Menparekraf Sandiaga Uno Kagumi Karya Emi Arlin

PADANG - Di sela-sela kegiatan World Islamic Entrepreneur Summit (WIES) yang digelar di Padang, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, mengunjungi kediaman Ethnic Fashion Designer kebanggaan Indonesia asal Ranah Minang, Emi Arlin, akhir pekan lalu.Di rumahnya yang juga tempat kegiatan Emi Arlin Fashion di Jalan Beringin IV B No.19 Lolong Belanti, Padang, Sandiaga Uno yang akrab disapa Mas Menteri ini mengagumi karya Emi Arlin.

Saat melihat sulaman benang emas motif kajang padati (ruma adat tradisional masyarakat Padang), terucap,"Woww, ini menggemparkan sebagai bagian dari budaya Minangkabau. Bagus sekali."Mas Menteri berharap karya Emi Arlin tidak hanya meramaikan industri fashion, tapi juga menjadi daya tarik wisata.

Emi Arlin yang didampingi sang suami, Arlin Teguh merasa senang sekali mendapat pujian Mas Menteri dan bersemangat menjelaskan tentang karya-karyanya.Mas Menteri yang terkagum-kagum dengan sulaman benang emas motif kajang padati mendapatkan informasi dari Arlin Teguh bahwa di Minangkabau terdapat sejumlah sulaman tradisional, seperti Sulaman Bayang, Sulaman Suji, Sulaman Koto Gadang Karya Emi Arlin sendiri selain memproduksi sulaman benang emas motif kajang padati, juga menampilkan kain batik khas Minang dengan motif kajang padati, tenun Minangkabau. Emi juga yang mempelopori memasyarakatkan deta Minang.

Melihat perhatian Mas Menteri optimis bahwa industri fashion yang memberi sentuhan budaya lokal akan bisa mendunia dan tentunya akan membuka banyak lapangan pekerjaan.Sebelumnya, Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker) Afriansyah Noor juga berkunjung ke kediaman Emi. Dalam kesempatan itu Wamenaker melihat proses pembuatan sulaman benang emas motif kajang padati.

Ia Didampingi Direktur PHI Kemenaker, Kadis Tenaga Kerja Prov Sumbar dan Kadis Nakerin Padang.Dalam pertemuan tersebut Wamenaker mengapresiasi Emi Arlin yang memfasilitasi kehadiran LPK DBH dibawah koordinasi Kemenaker dalam membekali masyarakat dengan keterampilan di bidang fashion.

"Saya merasa mendapat kehormatan atas kunjungan Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno dan Wamenaker Afriansyah Noor. Ini bentuk apresiasi Pak Menteri kepada kami," ujarnya di Padang, Senin (11/9).Emi berharap pemerintah dapat memberdayakan para desainer etnik Minangkabau dan masyarakat dapat mengenakan karya mereka.

Nama Emi Arlin tidak hanya dikenal sebagai desainer etnik di Indonesia, namanya juga sudah mendunia. Ia pernah diminta Konsul Jenderal RI di Ho Chi Minh City, Vietnam menampilkan karya terbaiknya di ajang Indonesia Festival Can Tho City (IFCTC) di Can Tho City (17-18/12/2022).Emi juga telah meramaikan ajang World Nomads Fashion Festival di Kyrgyzstan pada 21 hingga 23 Juli 2022, dengan menampilkan tenun Minangkabau.

Dalam dua ajang internasional tersebut Emi yang berangkat dengan biaya pribadi dan karyanya telah mengharumkan nama Indonesia pada umumnya dan Sumbar khususnya. (ssl)

Editor : Eriandi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini