Mayoritas Fraksi DPR Dukung Budi Gunawan Sebagi Kapolri

×

Mayoritas Fraksi DPR Dukung Budi Gunawan Sebagi Kapolri

Bagikan berita
Foto Mayoritas Fraksi DPR Dukung Budi Gunawan Sebagi Kapolri
Foto Mayoritas Fraksi DPR Dukung Budi Gunawan Sebagi Kapolri

[caption id="attachment_33058" align="alignnone" width="600"]Budi Gunawan. (antara) Budi Gunawan. (antara)[/caption]JAKARTA - Mayoritas fraksi di DPR RI rupanya tetap konsisten mendukung Komjen Polisi Budi Gunawan atau BG sebagai calon Kapolri jika Presiden Jokowi mengajukan nama dia. Alasannya, BG sudah pernah menjalani uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) dan semua fraksi dalam sidang paripurna ketika itu mendukungnya.

"Jika Presiden Jokowi mengajukan nama Budi Gunawan, maka FPKB DPR RI akan mendukung langkah tersebut untuk menggantikan Jenderal Badrodin Haiti, yang memasuki masa pensiun pada Juli 2016 mendatang," kata Anggota Komisi III DPR dari FPKB, Jazilul Fawaid kepada wartawan di Gedung DPR RI, Rabu (8/6).Dikatakan, Budi Gunawan yang kini menjabat Wakil Kapolri, secara hukum sudah clear and clean (jelas dan bersih) dari berbagai kasus hukum yang dituduhkan kepadanya setahun lalu melalui praperadilan. Namun, kalau masih ada yang mengaitkan kasus hukum sebelumnya, putusan praperadilan bisa dijadikan dasar pertimbangan.

"Tapi dengan keputusan itu, seharusnya sudah tidak ada lagi keraguan untuk Budi Gunawan. Komisi III DPR saat itu juga sudah menyetujui agar BG dilantik menjadi Kapolri menggantikan Jenderal (Pur) Sutarman," tegas Jazilul.Waktu itu, tambah Ketua Umum Ikatan Keluarga Alumni Perguruan Tinggi Ilmu Al-Quran (IKAPTIQ) itu, delapan fraksi yakni F-PDIP, Golkar, Gerindra, F-PKS, F-PKB, NasDem, Hanura, dan F-PPP sudah menyetui keputusan tersebut. Hanya Fraksi Partai Demokrat dan F-PAN yang meminta DPR menunda persetujuan tersebut, karena tersandung kasus hukum.

"Tapi, setelah putusan praperadilan itu, saya kira semua fraksi di DPR RI akan mendukung Komjen BG sebagai Kapolri," jelasnya sambil menambahkan bahwa Paripurna DPR RI sendiri digelar pada Kamis (15/1/2015) silam, secara mufakat sudah menyetujui Budi Gunawan sebagai Kapolri menggantikan Jenderal (Pol) Sutarman.Dengan demikian, kata Jazil sapaan Jazilul, tidak ada alasan bagi DPR RI untuk menolak pencalonan Komjen BG sebagai Kapolri. Hanya saja hal itu akan tergantung kepada sikap Presiden RI.

"Kalau Presiden Jokowi mengajukan Komjen (Pol) BG untuk menggantikan Jenderal Badrodin Haiti, maka DPR RI akan mendukung," tegas dia. (Ery Satria)

Editor : Eriandi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini