Kukuhkan LPM Lubuk Kilangan, Irwan Basir: Pemerintah Jangan Alergi dengan LPM

×

Kukuhkan LPM Lubuk Kilangan, Irwan Basir: Pemerintah Jangan Alergi dengan LPM

Bagikan berita
Foto Kukuhkan LPM Lubuk Kilangan, Irwan Basir: Pemerintah Jangan Alergi dengan LPM
Foto Kukuhkan LPM Lubuk Kilangan, Irwan Basir: Pemerintah Jangan Alergi dengan LPM

PADANG - Kepengurusan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kecamatan Lubuk Kilangan dikukuhkan, Jumat (28/10/2022). Pengukuhan dilakukan Ketua DPD LPM Kota Padang, Irwan Basyir Dt Rajo Alam.Dengan pengukuhan tersebut, pengurus LPM Lubuk Kilangan hendaknya dapat menjadi jembatan antara masyarakat dengan pemerintah dalam pembangunan. LPM menjalur salah satu wadah menyampaikan aspirasi oleh masyarakat, begitu juga sebaliknya pemerintah juga membutuhkan dukungan LPM dalam menjalankan programnya.

"Organisasi LPM itu mempunyai Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga yang menjadi pedoman pengurus dalam menjalankan organisasi. AD/ART merupakan intuisi pemikiran yang akan ditindaklanjuti oleh pengurus LPM dalam tugas dan fungsinya ditengah-tengah masyarakat," ujar Irwan.Keberadaan LPM yang berada di semua tingkatan bertujuan untuk membantu pemerintah dalam mensukseskan program pembangunan untuk kepentingan masyarakat. Jadi pemerintah tak perlu alergi dengan lembaga ini.

LPM tidak ada dianggarkan dalam Anggaran APBD Pemerintah Daerah.Tapi LPM bisa bekerja memberdayakan masyarakat, memotivasi dan mampu menghidupkan sendi-sendi sosial kemasyarakatan dengan dasar ibadah dan amanah yang telah diberikan.Menurutnya, keberadaan LPM adalah untuk membantu pemerintah dalam mensukseskan program pembangunan di tengah-tengah masyarakat. Meski lembaga ini tidak dianggarkan oleh pemerintah daerah dalam APBD, namun LPM mampu memberdayakan masyarakat, memotivasi dan menghidupkan sendi-sendi sosial kemasyarakatan.

"Jadi pemerintah tidak perlu alergi dengan LPM. Meski tanpa anggaran pengurus LPM akan tetap membantu dan mensukseskan program kemasyarakatan yang dijalankan oleh pemerintah," sambung tokoh yang juga ketua Dekopinda Kota Padang ini.Lebih lanjut Irwan Basir mengatakan, LPM bagi pemerintah adalah mitra dalam bekerja dan bukan bawahan. Untuk itu LPM harus bisa bersinergi dengan pemerintah dalam menjalankan fungsi sosial kemasyarakatan untuk mensukseskan program pembangunan di daerahnya. Di samping itu pengurus LPM juga harus bisa berkoordinasi dengan seluruh lembaga yang ada ditingkat dimana LPM itu berada.

Camat Lubuk Kilangan Elfian Putra mengakui sangat merasa terbantu dengan lembaga LPM ini. Selama ini dimanapun dia bertugas sebagai Camat, selalu menjalin komunikasi yang baik dengan para pengurus LPM termasuk di Kecamatan Lubuk Kilangan."LPM bagi kami adalah mitra yang keberadaannya sangat kami rasakan dalam membantu pemerintah kecamatan. Selama ini kami selalu bekerjasama dan berhubungan baik dengan pengurus LPM,"kata Elfian.

Ketua DPC LPM Bustami juga mengharapkan dukungan dari semua pihak agar dapat mengemban amanah yang diberikan."Tanpa dukungan dari seluruh tokoh masyarakat dan stakeholder yang ada kami tentu tidak akan bisa bekerja secara maksimal. Untuk itu kami butuh dukungan dan kerjasama dari seluruh lembaga yang ada di Kecamatan Lubuk kilangan ini," ucap Bustami.(yose)

Editor : Eriandi, S.Sos
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Ganefri
Terkini