Kota Padang Tuan Rumah Harkopnas ke-76

×

Kota Padang Tuan Rumah Harkopnas ke-76

Bagikan berita
Foto Kota Padang Tuan Rumah Harkopnas ke-76
Foto Kota Padang Tuan Rumah Harkopnas ke-76

 PADANG - Sumatera Barat ditetapkan menjadi tuan rumah Hari Koperasi Nasional ke-76 pada 2023 mendatang. Penetapan diluncurkan Gubernur Sumatera Barat yang diwakili oleh Asisten II, Jumat (28/10/2022) di Auditorium Gubernuran Sumatera Barat.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Ketua Dekopin Pusat yang mempercayakan kepada kami sebagai pusat pelaksana kegiatan ini. Sumatera Barat siap melaksanakan dan mensukseskan kegiatan akbar ini. Untuk itu kami akan berkordinasi nantinya dengan Kementerian Koperasi dan UMKM dan pengurus Dekopin," kata Asisten II Setdaprov Sumbar, Wardarusmen.Ketua Dekopin Pusat H.A.M Nurdin Halid mengatakan, ditunjuknya Sumatera Barat sebagai pelaksana Peringatan Puncak Hari Koperasi Nasional ke- 76 ini karena dinilai sukses dalam mengembangkan dan memajukan badan usaha koperasi.

Di samping itu, Sumatera Barat yang dikenal dengan Ranah Minang ini adalah tempat lahirnya seorang tokoh besar yang merupakan salah seorang proklamator bangsa dan penggagas lahirnya koperasi."Di Ranah Minang ini lahir seorang tokoh besar, salah seorang Bapak Proklamator dan seorang penggagas lahirnya koperasi. Beliau adalah Mohammad Hatta, atau Bung Hatta yang kita gelari Bapak Koperasi. Jadi tidak heran, kalau di Sumatera Barat koperasi bisa tumbuh dan berkembang begitu pesat dan menjadi badan usaha ekonomi rakyat karena koperasi sudah menjadi bagian dalam kehidupan masyarakat minang," ungkap Nurdin Halid.

Lebih lanjut dikatakan, peringatan Harkopnas nantinya akan diisi dengan berbagai macam kegiatan. Namun ada yang menjadi kegiatan utama dari banyaknya kegiatan yang akan dilaksanakan."Diantara banyak kegiatan yang akan kita laksanakan, ada 3 kegiatan utama. Pertama sebagai Puncak peringatan. Kedua, kegiatan Expo dengan mempromosikan bentuk hasil usaha dari insan koperasi yang ada di seluruh Indonesia. Ketiga adalah kegiatan seminar yang melibatkan pemerintah, pelaku usaha koperasi dan badan - badan usaha swasta," ungkapnya.

Ketua Dekopinwil Sumbar Hendra Irwan Rahim mengatakan, untuk menyambut peringatan Harkopnas tahun 2023 ini, Dekopinwil bersama Pemerintah propinsi Sumatera Barat akan menggelar berbagai macam kegiatan dan perlombaan.Kegiatan itu dimaksudkan agar puncak peringatan Hari Koperasi Nasional ini lebih gebyar dan meriah dan dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat Sumatera Barat.

"Kita ingin membuat Bung Hatta selaku Bapak Koperasi selalu tersenyum dengan kemajuan badan usaha koperasi di tanah kelahirannya," katanya.Ketua Dekopin Daerah Kota Padang Irwan Basir Dt. Rajo Alam mengatakan suatu keistimewaan bagi Kota Padang menjadi pusat perngatan Harkopnas 2022. Suatu penghargaan kepada Kota Padang. Apalagi di Sumatera Barat pergerakkan Koperasi sebagai badan usaha ekonomi rakyat selalu berkembang dan maju.

"Peringatan Harkopnas ini harus kita sukseskan. Padang sebagai tuan rumah, kami selaku Ketua Dekopinda Kota Padang, akan segera berkoordinasi. Kegiatan ini harus kita sukseskan sebagai mana harapan Bapak Gubernur tadi,"pungkasnya.Hadir dalam kegiatan ini, Kepala Dinas Koperasi Sumbar, Kapolda Sumbar, Danrem, Kepala Daerah se-Sumatera Barat, Ketua Dekopinda kab/kota se- Sumatera Barat dan dari BUMN dan BUMD Sumatera Barat.(yose)

Editor : Eriandi, S.Sos
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Ganefri
Terkini