Integritas Desak Jaksa Segera Eksekusi Kepala Satpol PP Padang

×

Integritas Desak Jaksa Segera Eksekusi Kepala Satpol PP Padang

Bagikan berita
Integritas Desak Jaksa Segera Eksekusi Kepala Satpol PP Padang
Integritas Desak Jaksa Segera Eksekusi Kepala Satpol PP Padang

[caption id="attachment_5006" align="alignnone" width="650"]Kejari Padang (rahmat zikri) Kejari Padang (rahmat zikri)[/caption]PADANG - Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Integritas Sumatera Barat, mendesak agar pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Padang segera mengeksekusi Kepala SatpolPP Padang, Firdaus Ilyas terkait putusan kasasi kasus korupsi.

"Jaksa selaku eksekutor putusan pidana harus segera melakukan eksekusi. Mengingat Surat Edaran Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2011, yang menjelaskan bahwa pengadilan wajib menyampaikan salinan putusan dalam jangka waktu paling lambat 14 hari kerja sejak putusan diucapkan," kata Koordinator Integritas, Arif Pribadi di Padang, Kamis (30/6).Menurutnya, Dalam KUHAP memang tidak dijelaskan kapan pelaksanaan eksekusi putusan oleh Kejaksaan. Namun SEMA secara teori menjelaskan bahwa selambat-lambatnya 14 hari kerja. "Selain itu pihak Kejaksaan juga telah menerima salinan putusan dari pengadilan," ujarnya.

Bahkan berdasarkan Surat Jaksa Agung RI bernomor B-19/A/04/2004 Tentang Upaya Mempercepat Eksekusi Putusan Pengadilan yang Telah Berkekuatan Hukum, dijelaskan bahwa jaksa dapat mengeksekusi terpidana meskipun salinan putusan pengadilan belum diterima."Eksekusi tetap bisa dilaksanakan dengan syarat cukup pihak kejaksaan telah menerima halaman terakhir dari putusan yang memuat diktum putusan. Sedangkan untuk Firdaus Ilyas salinannya telah sampai ke tangan jaksa," jelasnya.

Untuk itu Arif mendesak agar Kejari Padang segera mengeksekusi Firdaus Ilyas, untuk didapatkan kepastian hukum.Sementara Kepala Kejaksaan Negeri Padang Syamsul Bahri, mengatakan bahwa pihaknya akan segera mengeksekusi Firdaus Ilyas, yang terjerat kasus korupsi saat menjabat Kepala Dinas Pemuda Olahraga.

Meskipun demikian, katanya, pihaknya perlu mempertimbangkan suasana masyarakat."Dalam melakukan eksekusi tentunya kami juga mempunyai pertimbangan agar tak menimbulkan kegaduhan, terlebih mengingat Idul Fitri akan datang," terangnya.Putusan kasasi yang menyeret nama Firdaus Ilyas sebagai terpidana itu, terkait kasus kasus korupsi dana retribusi fasilitas Gelanggang Olahraga H. Agus Salim Padang 2010.(rahmat)

Editor : Eriandi, S.Sos
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Ganefri
Terkini