Gerindra Ajukan Pembentukan Pansus Dugaan Pungutan di Bapenda Sumbar

×

Gerindra Ajukan Pembentukan Pansus Dugaan Pungutan di Bapenda Sumbar

Bagikan berita
Foto Gerindra Ajukan Pembentukan Pansus Dugaan Pungutan di Bapenda Sumbar
Foto Gerindra Ajukan Pembentukan Pansus Dugaan Pungutan di Bapenda Sumbar

PADANG - Fraksi Gerindra DPRD Sumbar secara resmi mengajukan pembentukan panitia khusus (pansus) untuk membahas tentang dugaan pelanggaran, penyalahgunaan wewenang dan dugaan pungutan uang di Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sumbar.Usulan tersebut disampaikan Ketua Fraksi Gerindra, Hidayat saat menginterupsi rapat paripurna DPRD, Jumat (1/3). Surat resmi pengusulan tersebut telah pula diserahkan Fraksi Gerindra pada Pimpinan DPRD pada saat yang sama.

Dalam interupsinya, Hidayat mengatakan pembentukan pansus ini dinilai penting karena nilai dugaan pungutan itu mencapai miliaran rupiah."Belum lagi kejadian ini bisa berpotensi menggerus kepercayaan masyarakat pada pemerintah. Masyarakat juga berpotensi menjadi malas bayar pajak, padahal APBD kita 75 persen berasal dari pajak masyarakat," tegas Hidayat.

Ia menilai hingga saat ini tidak ada kejelasan tentang kelanjutan penyelesaian permasalahan tersebut."Dengan DPRD membentuk pansus maka dugaan-dugaan yang terjadi di Bappeda itu bisa jelas dan terang benderang. Apalagi pansus memiliki kewenangan untuk memanggil dan mempertanyakan permasalahan ini pada berbagai pihak," tegasnya.

Hidayat menegaskan, DPRD memiliki fungsi pengawasan, termask di dalamnya pengawasan pada OPD. Maka ia menilai sudah seharusnya DPRD mengambil langkah serius dengan membentuk pansus. Hal ini kata dia sesuai dengan amanat UU Nomor 14 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik."Ini dalam rangka mewujudkan pemerintahan yang baik, benar dan transparan. Dan juga pemenuhan hak publik atas informasi yang benar dan komprehensif terhadap penyelenggaraan pemerintahan daerah," tegasnya.

Ia menilai, saat ini telah terjadi ertutupnya arus informasi dantidak tuntasnya informasi terkait dugaan penyalahgunaan kewenangan serta dugaan pungutan uang di Bappeda.Sebagai Ketua Fraksi, Hidayat berharap usulan pembentukan pansus yang disampaikan Fraksi Gerindra ini bisa diterima dan disepakati DPRD Sumbar secara kelembagaan.

Selain Hidayat, Anggota DPRD Sumbar M. Nurnas juga menginterupsi rapat paripurna tersebut dengan maksud yang sama.Nurnas mengatakan ia secara pribadi mendukung pembentukan pansus yang diajukan Fraksi Gerindra.

"Pembentukan pansus ini penting agas semua dugaan tersebut jelas. Sehingga tidak akan lagi terulang di masa yang akan datang," tegas Politisi Demokrat ini.Pasca menerima usulan pembentukkan Pansus tersebut, Ketua DPRD Sumbar yang memimpin rapat paripurna itu mengatakan akan segera membahasnya secara kelembagaan.

"Menindaklanjuti usulan pembentukan pansus merupakan salah satu tugas dari bamus (badan musyawarah) DPRD Sumbar. Maka usulan ini akan segera dibahasnpada agenda rapat Bamus berikutnya," ujar Supardi.(w)

Editor : Eriandi, S.Sos
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Ganefri
Terkini