Ekonomi Indonesia Dikuasai Praktik Kartel

×

Ekonomi Indonesia Dikuasai Praktik Kartel

Bagikan berita
Ekonomi Indonesia Dikuasai Praktik Kartel
Ekonomi Indonesia Dikuasai Praktik Kartel

DEPOK - Pengamat Ekonomi Universitas Indonesia Rizal E Halim menilai ekonomi Indonesia telah dikuasai oleh kartel termasuk adanya kelangkaan daging sapi dalam beberapa hari terakhir ini."Sangat jelas harga melambung akibat pasokan tiba-tiba menghilang, dan jelas pelaku usaha daging sapi ini dikuasai oleh para importir. Artinya ada upaya menahan pasokan sehingga harga menjadi melambung, dan ujung-ujungnya tuntutan membuka kran impor daging sapi," kata Rizal di Depok, Rabu (12/8).

Rizal mengatakan siapapun yang mengamati fenomena ini akan sangat jelas ada tekanan yang berlebihan akibat struktur pasar yang telah dikuasai oleh sekelompok pelaku usaha sehingga mereka dengan mudah mendikte pasar."Pemerintah perlu mengambil langkah tegas terkait praktik kartel ini. Karena hanya akan menjadi bom waktu dan sangat merugikan perekonomian nasional secara luas," katanya.

Menurut dia Polri dan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) jika perlu segera mengaudit dan menyelidiki seluruh ketentuan impor sapi juga impor garam (dan sektor usaha lainnya yang terindikasi kartel), mengecek seluruh importir yang terdaftar dan mekanisme impor yang dilalui.Rizal juga menjelaskan kartel bukan hanya menguasai komoditas pangan saja, seperti daging sapi tetapi juga hampir sebagian besar sektor strategis di negeri ini dikuasai oleh para pemburu rente dan praktik kartel.

"Mulai dari sektor yang berhubungan dengan sumber daya alam  hingga sektor jasa," katanya. (*/lek)Sumber: antara

Editor : Eriandi, S.Sos
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Ganefri
Terkini