Dari Rakor Dekopinda Padang, 290 Koperasi di Kota Padang Mati Suri

×

Dari Rakor Dekopinda Padang, 290 Koperasi di Kota Padang Mati Suri

Bagikan berita
Foto Dari Rakor Dekopinda Padang, 290 Koperasi di Kota Padang Mati Suri
Foto Dari Rakor Dekopinda Padang, 290 Koperasi di Kota Padang Mati Suri

PADANG - Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kota Padang menggelar Rapat Koordinasi Pengurus Dekopinda Kota Padang tahun 2022 bertempat di Padang Fishing Club Belimbing Kecamatan Kuranji Kota Padang pada Sabtu 1/10/2022.Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Padang Drs Ferri Erviyan Rinaldy, berharap Dekopinda bekerjasama dengan Dinas Koperasi untuk menghidupkan kembali koperasi di Kota Padang yang belakangan ini banyak mati suri. Dari 700 lebih Koperasi yang ada, hanya 410 yang masih berjalan dan itu pun butuh pembinaan dari pemerintah dan Dekopinda.

"Kami dari Dinas Koperasi dan UMKM sangat menghargai ini. Perlu saya sampaikan saat ini ada lebih dari 700 koperasi yang ada di Kota Padang. Setelah dilakukan evaluasi di lapangan hanya sekitar 410 koperasi yang masih aktif. Selebihnya sudah mati atau mati suri," ucap Ferri.Ketua Dekopinwil Sumatera Barat Ir. Hendra Irwan Rahim pelaksanaan peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) pada Juli 2023. Sumatera Barat dan Kota Padang ditunjuk sebagai tuan rumah.

"Pelaksanaan Harkopnas Juli 2023 akan dilaksanakan di Sumatera Barat. Saya telah menunjuk Kota Padang sebagai tuan rumahnya. Saya yakin, even Nasional ini akan berlangsung sukses dilaksanakan di Kota Padang. Karena Pemerintah Kota Padang sangat mendukung keberadaan Dekopinda. Apalagi saya lihat begitu bersinerginya Dekopinda dengan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Padang," ungkap Hendra.Ketua Dekopinda Kota Padang Irwan Basir, Dt. Rajo Alam, SH.MM dalam sambutannya mengatakan kalau Rakor ini dilaksanakan dalam rangka persiapan Raker seluruh Pengurus Dekopinda yang akan dilaksanakan di bulan Oktober 2022. Di samping itu juga untuk persiapan pelaksanaan Harkopnas tahun 2023 yang mana Kota Padang sebagai tuan rumahnya.

"Sengaja kita mengadakan Rakor ini untuk persiapan Raker Dekopinda yang rencananya dilaksanakan di bulan Oktober ini. Disamping itu juga membicarakan tentang kesiapan Dekopinda Kota Padang sebagai tuan rumah Harkopnas tahun depan. Dan kita butuh koordinasi dan masukan untuk pelaksanaan even nasional tersebut,"ucapnya.Selanjutnya Irwan Basir juga menyampaikan, harus berkoordinasi dan bersinergi dengan pemerintah Kota agar segala permasalahan yang ada di Koperasi Kota Padang dapat bersama-sama mencarikan solusinya.

"Sewaktu menerima amanah menjadi pengurus Dekopinda, tentu harus ada kontribusi pemikiran yang diberikan untuk memajukan koperasi. Dan itu bisa dilakukan dengan selalu berkoordinasi dan bersinergi dengan pemerintah kota," ungkap Irwan yang juga Ketua DPD LPM Kota Padang ini.Irwan Basir juga merasa miris dengan banyaknya koperasi yang mati suri atau telah mati. Ini sangat disayangkan, karena banyaknya koperasi yang sudah tidak aktif lagi di daerah tanah kelahiran Bapak Koperasi ini.

Untuk itu harus dicari tahu penyebab dari tidurnya koperasi tersebut. Dan harus dilakukan evaluasi menyeluruh baik dari pengelolanya, permodalannya atau sistem manajemen kerja dari koperasi itu sendiri. Dari sini akan dapat terlihat nanti penyebabnya.(yose)

Editor : Eriandi, S.Sos
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Ganefri
Terkini