Bulan K3 Nasional PT Semen Padang, 23 Unit Kerja Ikuti SHE Challenge

×

Bulan K3 Nasional PT Semen Padang, 23 Unit Kerja Ikuti SHE Challenge

Bagikan berita
Foto Bulan K3 Nasional PT Semen Padang, 23 Unit Kerja Ikuti SHE Challenge
Foto Bulan K3 Nasional PT Semen Padang, 23 Unit Kerja Ikuti SHE Challenge

PADANG – Dalam rangka memperingati Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional Tahun 2023, PT Semen Padang kembali menggelar Safety Health Environment (SHE) Challenge.Bertempat di Fire Ground Semen Padang, Rabu (25/1/2023), mulai pukul 08.00 WIB, 23 peserta kegiatan, yang berasal dari unit kerja perkantoran dan pabrik dilingkungan PT Semen Padang tampak mengukuti semua etape perlombaan, yakni cerdas cermat, safe working, P3K dan pemadaman kebakaran, hingga berakhir pada pukul 17.00 WIB.

Kepala Departemen Produksi Terak, mewakili Dirut PT Semen Padang, Andria Delfa saat membuka kegiatan SHE Challenge, mengatakan bahwa peringatan Bulan K3 Nasional ini rutin dilaksanakan setiap tahun di PT Semen Padang, mempunyai beberapa tujuan untuk dicapai.Di antaranya, meningkatkan kesadaran dan kepatuhan norma K3, meningkatkan partisipasi semua pihak dalam mewujudkan pelaksanaan budaya K3 disetiap kegiatan, dan mewujudkan SDM yang unggul dan terampil.

Untuk tahun 2023 ini, sasaran Bulan K3 menurut Andria adalah terwujudnya pekerjaan layak yang berbudaya K3 guna mendukung keberlangsungan usaha di setiap tempat kerja."Selain itu, dari pesertanya pun tahun ini bertambah dua unit, dari 21 unit menjadi 23 unit. Semoga di tahun depan peserta SHE Challenge ini terus bertambah lagi, sehingga K3 bisa diwujudkan menjadi budaya di tempat kerja," harap Andria.

Sedangkan fokus penerapan K3, kata Andria adalah memastikan setiap orang yang masuk area kerja dan pabrik telah memahami K3 dan mendapatkan induksi K3. Semua pekerjaan yang dilakukan juga harus memiliki izin kerja, memiliki Job Safety Analysis (JSA), dan setiap pekerja juga harus mendapatkan safety tool box meeting.Kepala Unit Humas & Kesekretariatan PT Semen Padang Nur Anita Rahmawati mengatakan, SHE Challenge merupakan salah satu lomba yang digelar perusahaan dalam rangka memperingati Bulan K3 Nasional PT Semen Padang.

“Pembukaan Bulan K3 Nasional kali ini telah kita mulai dengan Upacara pada 12 Januari kemarin dan ditutup pada pertengahan Februari nanti. Selain kegiatan SHE Challenge, juga ada kegiatan Launching Hari Olahraga Semen Padang dan Seminar K3,” kata Nur Anita di sela-sela kegiatan SHE Challenge.Ketua Panitia SHE Challenge, Nurwan mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan masih sama dengan tahun lalu, ada empat etape lomba pada kegiatan SHE Challenge kali ini, yaitu cerdas cermat dengan 30 soal meliputi K3, lingkungan hidup, pertolongan pertama, pemadaman api dan lain sebagainya yang menyangkut K3.

"Setelah cerdas cermat selesai, akan ada dua soal yang harus diselesaikan peserta, yaitu soal safe working dan P3K. Untuk soal safe working terdapat 2 zona, yakni kerja di ketinggian dan confined space," tutur Nurwan.Sedangkan penyelesaian soalnya, dikatakan Nurwan, dilakukan melalui simulasi. Begitu juga untuk P3K, penyelesaian soalnya juga melalui simulasi terhadap korban kecelakaan kerja.

“Setelah itu, peserta masuk ke zona pemadaman api. Ada tiga zona pemadaman api, yaitu pemadaman api menggunakan karung goni,menggunakan Apar dan menggunakan hydrant,” kata Nurwan.

Untuk pemenang SHE Challenge tahun 2023 ini, menurut Nurwan, akan diumumkan pada saat Penutupan Bulan K3 Semen Padang yang akan dilaksanakan pada 13 Februari mendatang.(Yose)

Editor : Eriandi, S.Sos
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Ganefri
Terkini