BPBD Sumbar: Tak Ada Korban Jiwa dan Kerusakan Akibat Gempa M6.9

×

BPBD Sumbar: Tak Ada Korban Jiwa dan Kerusakan Akibat Gempa M6.9

Bagikan berita
Foto BPBD Sumbar: Tak Ada Korban Jiwa dan Kerusakan Akibat Gempa M6.9
Foto BPBD Sumbar: Tak Ada Korban Jiwa dan Kerusakan Akibat Gempa M6.9

PADANG - Pelaksana tugas Kepala Pelaksana BPBD Sumatera Barat Arry Yuswandi menyebutkan, untuk sementara hingga saat ini belum ada laporan korban jiwa maupun kerusakan yang terjadi akibat gempa magnitudo 6,9 di Sumatera Barat."Kita sudah berkoordinasi dengan sejumlah kepala BPBD di kabupaten kota terutama Kabupaten Kepulauan Mentawai. Belum ada laporan korban jiwa maupun kerusakan yang terjadi," katanya di Padang, Selasa (25/4).

Ia menyebut, khusus untuk Kepulauan Mentawai, masyarakat yang tadi malam mengungsi sebagian masih berada di pengungsian. Namun, hal itu bukan karena gempa tetapi karena masih terjadi hujan di daerah tersebut.Secara umum, Arry Yuswandi mengatakan kondisi Sumatera Barat sudah kondusif dan masyarakat sudah kembali pulang ke rumah masing-masing. Namun, ia mengatakan, pihaknya terus mengumpulkan informasi dari semua kabupaten kota karena pendataan masih berlanjut.

"Kita akan sampaikan informasi terbaru secara periodik," katanya.Sebelumnya, Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Dr Daryono, S. Si, M. Si melalui rilis tertulis mengatakan hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M6.9 dari awalnya disebutkan M7. 3.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 0,94° LS ; 98,38° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 177 Km barat laut Kepulauan Mentawai Sumatera Barat pada kedalaman 23 km.Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik ( thrust fault).

Gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Siberut, Mentawai dengan skala intensitas VI MMI, Pasaman Barat, Padang Pariaman, Agam dan Padang dengan skala intensitas V MMI.Sempat terjadi lima kali gempa susulan hingga pukul 04.00 WIB dengan magnitudo terbesar M4,6. (ant)

Editor : Eriandi, S.Sos
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Ganefri
Terkini