34.137 Wisatawan Kunjungi Sawahlunto

×

34.137 Wisatawan Kunjungi Sawahlunto

Bagikan berita
34.137 Wisatawan Kunjungi Sawahlunto
34.137 Wisatawan Kunjungi Sawahlunto

SAWAHLUNTO - Sebanyak 34.137 wisatawan berkunjung di Sawahlunto selama 2023. Sebagian besar kota itu dikunjungi para wisatawan domestik.

"Apabila kita cermati data, wisatawan domestik mendominasi kunjungan di kota ini," kata Kepala Kantor Badan Pusat Statistik (BPS)Sawahlunto, Arieswaty kepada Singgalang, Selasa (11/6).

Dikatakannya, di tahun itu ada 219.988 kunjungan wisatawan domestik dan 421 kunjungan wisatawan mancanegara. Artinya, kecendrungan minat wisatawan domestik berkunjung ke Sawahlunto sangat besar.

Disebutkan Kepala BPS, secara statistik selain wisatawan mancanegara masuk dalam kategori wisatawan domestik. Lalu, kenapa kunjungan domestik lebih mendominasi dari mancananegara, semua terpulang pada promosi wisata.

Dikemukakannya, data yang ada, sebagian besar yang sangat diminati wisatawan, objek wisata pemandian dan hiburan. Diantaranya, Meervon Kandi, Taman Satwa Kandi dari 22 objek wisata di Sawahlunto.

"Berbicara pariwisata, tak hanya seputar objek wisata dan pengunjung, tetapi juga meliputi penginapan, hotel, homestay, rumah makan dan restoran," ujar Arieswaty.

Menurut Arieswaty, semakin lengkapnya sarana dan fasilitas tersebut, makin terpenuhi yang diharapkan wisatawan. Saat ini, di Sawahlunto ada 2 hotel bintang dan 5 hotel non bintang serta 48 akomodasi lainnya.

"Apabila kita cermati lebih jauh, sektor pariwisata memberi nilai multiplier effect atas belanja dikeluarkan wisatawan dalam meningkatkan aktivitas ekonomi di tingkat lokal," tutur Arieswaty.(201)

Editor : Rahmat
Bagikan

Berita Terkait
Terkini