Jaksa Minang Belikan Perlengkapan Sekolah Agar Anak Korban Galodo Sumbar Kembali Sekolah

×

Jaksa Minang Belikan Perlengkapan Sekolah Agar Anak Korban Galodo Sumbar Kembali Sekolah

Bagikan berita
Jaksa Minang Belikan Perlengkapan Sekolah Agar Anak Korban Galodo Sumbar Kembali Sekolah
Jaksa Minang Belikan Perlengkapan Sekolah Agar Anak Korban Galodo Sumbar Kembali Sekolah

PADANG - Dalam rangka menunjukkan keprihatinan “putiah hati bakaadaan” terhadap musibah galodo atau lahar dingin yang menimpa para dunsanak beberapa daerah di Sumatera Barat khususnya Kabupaten Agam dan Tanah Datar maka para jaksa yang berasal dari Ranah Minang biasa disebut Jam Gadang Adhyaksa langsung bergerak mengumpulkan donasi untuk membantu para dunsanak di kampung halaman korban galodo.

Dalam waktu singkat terkumpul dana sekitar dua puluh lima juta rupiah dari para jaksa Minang seluruh Indonesia termasuk yang sudah purna bakti seperti pak Elvis Joni mantan Sesjamwas yang masih konsisten memberikan tauladan dan semangat untuk yang muda.

Dengan mempertimbangkan informasi di lapangan sudah cukup banyak bantuan dalam bentuk sembako maka secara bersama diputuskan bahwa dana terkumpuldiserahkan dalam bentuk paket peralatan sekolah berupa dua pasang baju seragam, sepatu, tas, alat tulis dari TK sampai SMU sehingga mereka bisa langsung pakai bersekolah dengan membagi kebutuhan daerah Agam dan daerah Tanah Datar yang terdampak.

Agar peralatan sekolah dimaksud bisa memang tepat sasaran maka dilakukan koordinasi langsung dengan tokoh masyarakat termasuk wali nagari untuk mendata detil nama, kebutuhan masing-masing serta ukurannya seperti yang dilakukan untuk anak-anak sekolah di nagari Bukik Batabuah Canduang yang terdampak paling parah yang dikoordinasikan datanya oleh Erianto salah seorang jaksa dari Canduang kepada tokoh masyarakat setempat sehingga terdata kebutuhan rinci sebanyak 29 anak yang terdampak langsung yaitu Hanafi, Falih, Hafizh, Egi, Farel, Haikal, Rais, Syamil, Pandu, Abdul, Asefa, Akil, Habil, Arif, Haska, Irfan, Miftah, Lutfi, Nurul, Luvia, i
Ines, Aulia, Aini, Aura, Nurhayati, Salwa, Khaisa, Hanifah dan Rania.

Sementara untuk area Tanah Datar juga dilakukan hal yang sama yang dikoordinasikan oleh Nelsa jaksa yang bertugas di Kejari Tanah Datar dan lainnya.

Penyerahan untuk daerah Bukik Batabuah telah dilaksanakan pada Minggu pagi 19 Mei 2024 di posko pengungsi SDN Bukik Batabuah yang diserahkan langsung kepada anak-anak didampingi orang tua mereka dan tokoh masyarakat setempat.

Penyerahan bantuan diwakili oleh Safarman jaksa asli Padang Lua yang jadi Kasi Intel di Kejari Pariaman bersama jaksa Nelsa.

Penyerahan di wilayah Tanah Datar dilaksanakan Senin 19 Mei 2024.

Firdaus selaku Walinagari Bukik Batabuah serta salah satu tokoh masyarakat ustaz Daroji atas nama masyarakat mengucapkan terima kasih kepada Jaksa Jam Gadang.

“Sampaikan salam terimo kasih kami warga Bukik Batabuah, kapado seluruh jaksa jam gadang, hanyo ka nan kuaso kami badoa kamambaleh” atas kepeduliannya semoga dibalas berlibat ganda oleh yang maha kuasa," katanya.(*)

Editor : Bambang Sulistyo
Bagikan

Berita Terkait
Terkini