Mahyeldi Sampaikan Langkah Penanganan Bencana, dari Pelayanan Kesehatan Hingga Peemasangan Jembatan Bailey

×

Mahyeldi Sampaikan Langkah Penanganan Bencana, dari Pelayanan Kesehatan Hingga Peemasangan Jembatan Bailey

Bagikan berita
Mahyeldi
Mahyeldi

Bukittinggi – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi menyampaikan sejumlah langkah-langkah terkini dalam penanganan bencana alam pada sejumlah daerah di Sumbar.

Mahyeldi mengatakan, pihaknya telah menginstruksikan Dinas Kesehatan untuk melakukan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, guna meminimalisir dampak kesehatan akibat bencana.

“Sehingga mereka akan lebih sehat, dan kemudian juga sekaligus untuk mengantisipasi dan penyakit-penyakit yang muncul, dan kita juga lakukan dukungan obat-obatan tadi dari Kementerian, juga sudah mensuplai obat,” kata Mahyeldi meninjau penanganan bencana dengan berkantor di Kota Bukittinggi, Selasa (14/5/2024) malam.

Menurutnya, dampak kesehatan sangatlah harus diperhatikan bagi para korban bencana, termasuk trauma healing. “Dari Dinas Kesehatan dengan tim tadi juga melakukan trauma healing. Mudah-mudahan dengan dukungan ini (para pihak), maka kesehatan masyarakat juga bisa terjaga, dan antisipasi dari penyakit yang dapat muncul, meminimalisir,” sebut Mahyeldi.

Kemudian, pihaknya bersama BNPB, Forkopimda, dan Pangdam Bukit Barisan, termasuk BMKG mengunjungi masyarakat, untuk mengetahui keluhan masyarakat, termasuk menyampaikan langkah-langkah strategis bagi masyarakat terdampak.

Langkah ini diperlukan guna mengetahui langsung persoalan maupun yang dibutuhkan oleh masyarakat yang terdampak.

“Kita akan menjelaskan langkah-langkah yang akan kita lakukan, jadi masyarakat lebih terfasilitasi, terperhatikan, sehingga juga akan terbantu urusan-urusan yang memang mereka perlukan,” sebutnya.

Mahyeldi juga telah berkoordinasi dengan Kanwil Badan Pertanahan Nasional (BPN) guna membantu dalam perumahaan bagi masyarakat terdampak, jika dibutuhkan.

“Termasuk untuk perumahan, bahkan juga tadi dari Kanwil BPN juga menyampaikan kepada kami juga siap untuk membantu dalam rangka untuk pengadaan tanah, kalau seandainya nanti akan ada relokasi daripada masyarakat yang terdampak ini,” kata Mahyeldi.

Sedangkan untuk rekonstruksi infrastruktur yang terdampak longsor dan banjir, ada sejumlah langkah yang disiapkan dalam waktu dekat.

Editor : Eriandi
Bagikan

Berita Terkait
Ganefri
Terkini