Seminar Nasional BPD: Peran Digitalisasi dalam Mendukung Perekonomian Daerah

×

Seminar Nasional BPD: Peran Digitalisasi dalam Mendukung Perekonomian Daerah

Bagikan berita
Ketua Umum Asbanda, Dirut Bank Sumut berfoto bersama dengan narasumber dan moderator dalam Seminar Nasional BPD, 24 April 2024. (Ist)
Ketua Umum Asbanda, Dirut Bank Sumut berfoto bersama dengan narasumber dan moderator dalam Seminar Nasional BPD, 24 April 2024. (Ist)

Simalungun – Asosiasi Bank Pembangunan Daerah (Asbanda) dan Bank Sumut menggelar Seminar Nasional BPD se-Indonesia bertajuk “Peran Digitalisasi Keuangan dalam Mendukung Pertumbuhan Ekonomi Daerah” di Hotel Niagara Parapat, Simalungun, Sumatra Utara (Sumut), Rabu, 24 April 2024.

Direktur Utama Bank Sumut, Babay Parid Wazdi mengatakan, digitalisai bagi Bank Pembangunan Daerah (BPD) ini sangat penting untuk mendorong kinerja BPD. Digitalisasi sebagai ‘senjata’ dalam menghadapi persaingan bisnis dengan bank-bank besar. Dengan kapital yang dimilikinya, bank besar lebih leluasa mengembangkan teknologi yang lebih canggih. "Tapi itu, tak membuat kita putus asa, kita pun harus ikut melakukan digitalisasi. Dalam forum ini kita bisa memperkaya khasanah dan sharing ilmu pengetahuan, untuk penerapan digitalisasi di masing-masing BPD,” ujar Babay dalam siaran persnya yang diterima Singgalang.

Hanya saja, kata Babay, transformasi digital dalam tubuh BPD bukan hanya teknologi semata, tapi harus dibarengi transformasi people dan talent. “Transformation is not about technology, but also about people and talent,” tegas Babay.

Digitalisasi

Di kesempatan yang sama, Ketua Umum Asbanda Yuddy Renaldi menegaskan, penerapan digitalisasi di bank daerah sangat dibutuhkan dalam mendukung program masing–masing pemerintah daerahnya. Penerapan digitalisasi juga merupakan upaya dalam mengurangi proses birokrasi yang panjang.

“Dengan begitu, kegiatan ekonomi akan meningkat, yang ujungnya berdampak terhadap peningkatan pendapatan daerah sehingga pertumbungan ekonomi pun turut meningkat,” jelas Yuddy.

Dia melanjutkan, saat ini, salah satu program digitalisasi pengelolaan keuangan daerah yang tengah dijajaki adalah kerja sama antara BPD seluruh Indonesia dengan pemerintah daerah melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Seperti penerapan Aplikasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) dan Siskeudes Link untuk pengelolaan rekening kas umum desa.

Seminar Nasional BPD se-Indonesia dilanjutkan dengan talkshow yang menghadirkan narasumber Kepala Perwakilan Bank Indonesia (KPW BI) Provinsi Sumatera Utara IGP Wira Kusuma; Bambang Mukti Riyadi, Deputi Komisioner Hubungan Internasional, APU-PPT dan Daerah; dan Babay Parid Wazdi. Serta, dimoderatori oleh Eko B. Supriyanto, Chairman Infobank Media Group.

Bambang Mukti Riyadi menjelaskan, pihaknya terus berupaya mendorong peran BPD di Tanah Air. Salah satunya mendorong BPD untuk menerapkan digitalisasi untuk menjawab kebutuhan pasar.

Editor : Eriandi
Bagikan

Berita Terkait
Ganefri
Terkini