Jembatan Kasiak Simpang Bukik Picu Meluapnya Lahar Dingin ke Permukiman Warga 

×

Jembatan Kasiak Simpang Bukik Picu Meluapnya Lahar Dingin ke Permukiman Warga 

Bagikan berita
Foto Jembatan Kasiak Simpang Bukik Picu Meluapnya Lahar Dingin ke Permukiman Warga 
Foto Jembatan Kasiak Simpang Bukik Picu Meluapnya Lahar Dingin ke Permukiman Warga 

AGAM- Pasca banjir bandang lahar dingin meluluh lantakkan sejumal rumah penduduk dan hamparan lahan pertanian di Jorong Kubang Duo Koto Panjang Nagari Bukik Batabuah Kecamatan Canduang, Agam dipicu jembatan Kasiak Simpang Bukik tersumbat material kayu besar, sehingga air bah meluap ke badan jalan.Untuk mengularkan material kayu besar yang tersangkut di bawah jembatan, tiga alat berat dikerahkan seperti alat berat dari Zipur dan alat berat Dari Agam, sampai saat ini arus air sudah lancar, terang Budi Perwira Negera Kalaksa BPBD Agam.

Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah dalam kunjungannya saat meninjau dampak bencana alam banjir bandang lahar dingin, Sabtu (6/4) menjelaskan, meluapnya bah banjir bandang disebabkan konstruksi desian jembatan perlu segera diperbaiki, jika tidak diperbaiki jelas gampang tersumbat.Dalam rangka penanganan pasca bencana alam lahar dingin yang melanda wilayah Nagari Bukik Batabuah Kecamatan Canduang diminta Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Agam supaya segera melakukan upaya pembersihan sedimen material dan pembuangan kayu besar yang terseret hingga pinggir jalan. Langkah ini diambil untuk menghindari gangguan lalu lintas dan potensi bahaya bagi masyarakat.

Gubernur Sumatera Barat, yang didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Agam Edi Busti, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam, Budi Perwira Negara, Kadis Sosial Agam, Yunilson yang turut serta dalam inspeksi langsung ke lokasi terdampak. Dalam kunjungannya, Gubernur juga menyambangi para warga yang menjadi korban akibat bencana lahar dingin.Ditegaskan Mahyeldi, pembersihan sedimen material dan kayu besar yang berserakan di sepanjang jalan menjadi prioritas utama untuk memastikan aksesibilitas jalan tetap terjaga dan aman bagi kendaraan dan pejalan kaki. Mobil-mobil angkutan material pasir lahar juga dikerahkan untuk membuang material tersebut ke lokasi yang telah ditentukan.

Langkah-langkah tersebut diharapkan dapat membantu proses pemulihan dan pemulangan normalitas kehidupan masyarakat terdampak. Pemerintah daerah terus berkoordinasi dan bekerja sama dengan berbagai instansi terkait untuk menangani dampak bencana ini secara efektif dan cepat, hara Gubernur.Wali Jorong Kubang Duo Koto Panjang,Nagari Bukik Batabuah, R.Y,Dt. Tumamat kepada Gubernur menharapkan, kondisi jembatan Kasiak Simpang Bukik ini sudah sepatutnya mendapat perbaikan, sebab dikolong jembatan ada tiga tiang penyaga jembatan salah satu penyebab tersumbatnya airan air material kayu besar tersangkut di bawah jembatan.(Kasnadi)

Editor : Eriandi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Ganefri
Terkini