Pasien di RSJ Tampan Meningkat

×

Pasien di RSJ Tampan Meningkat

Bagikan berita
Foto Pasien di RSJ Tampan Meningkat
Foto Pasien di RSJ Tampan Meningkat

PEKANBARU - Usai Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 yang diselenggarakan pada 14 Februari 2024 lalu, Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Tampan mengalami penambahan jumlah pasien secara segnifikan. Bahkan over kapasitas. Demikian disampaikan Direktur Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Tampan, Zainal Arifin saat diwawancarai di Ruang Rapat Paripurna DPRD Provinsi Riau, Senin (18/3/2024).Ia menjelaskan bahwa tidak ada pasien yang diklasifikasikan sebagai mantan calon legislatif (caleg). Kemudian menegaskan terkait data pasien yang masuk merupakan kerahasiaan yang harus dijaga oleh pihak rumah sakit.

"Memang ada penambahan pasien usai Pileg 2024 kemaren, tetapi apakah yang masuk itu caleg atau bukan adalah rahasia pasien yang harus kita jaga," kata Zainal Arifin."Adapun jumlah pasien saat ini sudah mencapai 338 pasien. Jumlah tersebut melebihi kapasitas rumah sakit yang hanya memiliki 317 kapasitas tempat tidur bagi pasien," tambahnya.

Ia mengaku sudah banyak pasien yang dipulangkan sebelumnya, namun karena jumlah pasien mengalami kenaikan yang cukup signifikan sehingga menyebabkan pasien melebihi fasilitas tempat tidur yang telah disiapkan."Banyak yang sudah kita pulangkan, tetapi lebih banyak pula yang masuk hingga akhirnya kita over kapasitas," pungkas Zainal Arifin.

Ia juga menginformasikan bahwa Rumah Sakit Jiwa Tampan masih mengoperasikan layanan Poli khusus Caleg depresi. Poli ini beroperasi mulai Senin sampai Jumat. Di luar waktu itu, pihak rumah sakit siapkan di Unit Gawat Darurat (UGD).Layanan Poli khusus tersebut untuk antisipasi kemungkinan adanya caleg kabupaten kota se-Riau yang depresi karena gagal saat Pileg. Poli khusus ini merupakan poli konsultasi untuk pasien yang mengalami gangguan jiwa.(Thohir)

Editor : Eriandi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Ganefri
Terkini