KPw BI Prov. Sumbar Bantu Korban Terdampak Banjir dan Longsor di Pesisir Selatan

×

KPw BI Prov. Sumbar Bantu Korban Terdampak Banjir dan Longsor di Pesisir Selatan

Bagikan berita
Foto KPw BI Prov. Sumbar Bantu Korban Terdampak Banjir dan Longsor di Pesisir Selatan
Foto KPw BI Prov. Sumbar Bantu Korban Terdampak Banjir dan Longsor di Pesisir Selatan

Pesisir Selatan, Dompet Dhuafa Singgalang - Banjir bandang terjang 15 kecamatan di Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat, pada Sabtu (9/03/2024). Update per Sabtu (16/03/2024) sudah 25 orang yang dinyatakan meninggal dunia usai terseret arus banjir dan tertimbun longsor.Merespon peristiwa ini, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Sumatera Barat melalui Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) menyalurkan bantuan untuk masyarakat terdampak banjir dan longsor di Kab. Pesisir Selatan.

Feri Hermawan, Manager Unit Kehumasan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Sumatera Barat menyampaikan terimakasih kepada Dompet Dhuafa Singgalang dalam hal ini, ikut kolaborasi dengan PSBI menyalurkan bantuan untuk korban terdampak banjir dan longsor di Pessel.“Untuk sementara bantuan yang kami berikan berupa sembako, berhubung dalam suasana Ramadan. Namun tidak menutup kemungkinan bantuan yang serupa juga akan kami berikan ke daerah lainnya di Sumbar,” kata Feri saat dikonfirmasi tim media Dompet Dhuafa Singgalang, Jumat (15/03/2024).

Program bantuan ini, sebagai respon kepedulian dari Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) Prov. Sumbar bagi masyarakat terdampak banjir di Kab. Pesisir Selatan, Sumbar.“Mudah-mudahan tanggap darurat segera berakhir, kondisi kembali pulih dan kami berharap semoga bantuan ini bermanfaat, bisa mengurangi kedukaan bagi masyarakat terdampak bencana di pessel,” imbuh Feri.

Zuhaldi, Wali Nagari Gantiang Mudiak Utara Surantih menyampaikan, total 162 KK terdampak dari musibah banjir bandang, dan daerah Gantian Mudiak Utara menjadi salah satu daerah paling terdampak, hal ini dihitung dari warga yang kehilangan rumah maupun yang mengalami kerusakan rumah yang berat.“Untuk kerugian materil maupun non materil belum dapat kita pastikan berapa, namun perkiraan mencapai Rp 2 Milliar,” kata Zulhaldi.

Dalam hal ini, pemerintah ikut berpartisipasi pada masa tanggap darurat bencana longsor dan banjir yang dialami masyarakat, khususnya Nagari Gantiang Mudiak Utara Surantih, Kecamatan Sutera berupa sembako dan hal lainnya.“Selama terjadinya musibah, pihak nagari beserta masyarakat nagari Gantiang Mudiak Utara Surantih Kecamatan Sutera Alhamdulillah terus mengupayakan penyaluran bantuan yang datang dari berbagai pihak tepat sasaran,” tuturnya.

Zulhaldi turut berterimakasih kepada Bank Indonesia Sumbar atas bantuan yang di distribusikan ke daerahnya.“Seluruh instansi, pemerintah nagari, dan masyarakat mengucapkan terimakasih dengan bantuan yang diberikan BI Sumbar, khususnya di Nagari Gantiang Mudiak Utara Surantih,” imbuhnya.

Irmaim, salah seorang warga Nagari Gantiang Mudiak Utara Surantih menceritakan kronologi banjir bandang yang menggenangi rumah warga. Sejak pukul 13.00 WIB hingga waktu dini hari, curah hujan sangat tinggi malamnya datang banjir bandang yang berasal dari daerah Langgai. Air pun menggenangi rumah-rumah warga. “Alhamdulillah saya diantara beberapa korban yang selamat,” kata Irmaim.“Kami sangat mengarapkan tambahan bantuan dari luar. Semua barang hanyut terbawa banjir sehingga saat ini kami membutuhkan bantuan untuk kami bertahan hidup dan sumber mata pencaharian kami sudah tidak ada lagi,” pungkas Irmaim.

*Sumber rilis: Nasri dan Oca (Tim Media Dompet Dhuafa Singgalang)*

Editor : Eriandi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Ganefri
Terkini