Long Weekend Penumpang di Bandara SSK II Pekanbaru Capai 25.924 Orang

×

Long Weekend Penumpang di Bandara SSK II Pekanbaru Capai 25.924 Orang

Bagikan berita
Foto Long Weekend Penumpang di Bandara SSK II Pekanbaru Capai 25.924 Orang
Foto Long Weekend Penumpang di Bandara SSK II Pekanbaru Capai 25.924 Orang

SINGGALANG RIAU - Libur panjang atau long weekend menyambut hari raya Nyepi dan menyambut bulan suci Ramadan pada 9-12 Maret 2024, terjadi peningkatan penumpang domestik yang cukup signifikan di Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru. Terdata selama 4 hari libur jumlah penumpang mencapai 25.924 orang. Jumlah itu, adalah data penumpang yang datang maupun yang pergi di Bandara SSK II Pekanbaru.EGM Bandara SSK II Pekanbaru, Radityo Ari Purwoko, menjelaskan bahwa lonjakan penumpang ini terjadi karena adanya kegiatan ziarah kubur menjelang ramadan, dan juga momen long weekend yang bertepatan dengan Hari Suci Nyepi, mulai hari Sabtu (9/3), hingga hari terakhir libur bersama Selasa (12/3).

“Hari libur yang cukup panjang ini, dimanfaatkan masyarakat untuk pulang pergi, dari Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru. Jumlah penumpang selama empat hari libur panjang mencapai 25.924 penumpang. Puncaknya pada hari Sabtu penumpang mencapai 8.402 orang, dan hari Selasa mencapai 6.028 orang,” ujar Radityo, Rabu (13/3).Dijelaskan Radityo, untuk volume penerbangan maskapai yang beroperasi di Bandara SSK II Pekanbaru, hari Sabtu sebanyak 72 pesawat, dengan jumlah penumpang 8.402 orang.

Lalu pada hari Minggu tercatat 62 pesawat, dengan jumlah penumpang 6.979 orang, dan pada hari Senin 50 pesawat jumlah penumpang 4.875 orang, dan hari Selasa 60 pesawat dengan jumlah penumpang 6.028 orang.“Bila dibandingkan dengan hari biasa peningkatan jumlah pesawat juga mengalami peningkatan. Tercatat pergerakan pesawat selama empat hari libur mencapai 244 penerbangan. Tertinggi di hari Sabtu 72 penerbangan,” ungkap Radityo.

Pada periode long weekend ini, Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, sudah melalukan langkah-langkah persiapan dalam menghadapi lonjakan penumpang yang mungkin terjadi seperti hari ini. Di antaranya melakukan pengecekan fasilitas runway, taxiway, apron, terminal, dan area parkir berfungsi dan beroperasi dengan baik. Melalukan penebalan keamanan bandara khususnya di area terminal. Selain itu, juga melakukan koordinasi dan kolaborasi dengan seluruh stakehokder terkait.Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, juga sudah mempersiapkan diri untuk menghadapi Angkutan Lebaran Tahun 2024 dengan menyiapkan Posko Angkutan Lebaran yang akan dimulai H-10 sampai denagn H 10. (Thohir)

Editor : Eriandi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Ganefri
Terkini