Sudah Selesai Dibangun, Qur'an Center dan RCH Dalam Proses Serah Terima ke OPD Terkait

×

Sudah Selesai Dibangun, Qur'an Center dan RCH Dalam Proses Serah Terima ke OPD Terkait

Bagikan berita
Foto Sudah Selesai Dibangun, Qur'an Center dan RCH Dalam Proses Serah Terima ke OPD Terkait
Foto Sudah Selesai Dibangun, Qur'an Center dan RCH Dalam Proses Serah Terima ke OPD Terkait

PEKANBARU - Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang, Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (PUPR-PKPP) Provinsi Riau menyerahkan dua gedung yang baru selesai dibangun kepada OPD terkait.Dua gedung yang dimaksud adalah Qur'an Center di Jalan Sudirman Pekanbaru dan Riau Creative Hub (RCH) di Jalan Arifin Ahmad akan diresmikan Maret 2024 mendatang.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang, Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (PUPR-PKPP) Provinsi Riau, M Arief Setiawan, Selasa (27/2/2024) mengatakan, saat ini dua gedung tersebut sedang dalam proses serah terima pengelolaan aset.Masing-masing kepada Biro Kesra untuk gedung Qur'an Center dan untuk dinas pariwisata untuk gedung Riau Creative Hub.

"Saat ini sedang kami proses penyerahan aset ke biro kesra untuk Qur'an Center dan RCH ke dinas pariwisata. Jadi sedang proses penyerahan pengelolaan aset," katanya.Arief menegaskan, dua gedung ini sudah tuntas pengerjaannya. Meskipun masih ada beberapa bagian yang perlu dilakukan perbaikan sebelum diresmikan.

"Secara fisik pembangunan nya sudah selesai, tapi masih ada sedikit perbaikan. Insyaallah bulan depan sudah bisa diresmikan," sebutnya.Seperti diketahui, gedung RCH dibangun di eks Pujasera, jalan Arifin Achmad Pekanbaru.

Gedung RCH ini nantinya difungsikan sebagai wadah untuk mempromosikan dan menampilkan produk-produk ekonomi kreatif (Ekraf) masyarakat Riau dikelola oleh UPT Bandar Seni Raja Ali Haji, Dinas Pariwisata Riau.Gedung Utama RCH rencananya akan mengakomodir 16 subsektor ekonomi kreatif diantaranya adalah pengembangan permainan, arsitektur, desain interior, musik, desain produk, fashion, desain komunikasi visual, fotografi, tv dan radio, seni pertunjukan, film, animasi dan video, penerbitan, aplikasi, periklanan, kriya dan seni rupa.

Keberadaan RCH diharapkan dapat membawa dampak positif bagi anak muda pelaku ekonomi kreatif di Provinsi Riau sehingga perlu dukungan semua pihak.Keberadaan gedung ini juga diharapkan dapat menjadi tempat kumpulnya anak-anak kreatif, sharing ide-ide baru, wadah pameran ekonomi kreatif, kolaborasi terjalin, inkubator Ekraf dan ekosistem ekonomi kreatif Riau maju.

Sementara untuk gedung Qur'an Center yang berlokasi di komplek Purna MTQ Jalan Sudirman Pekanbaru terdapat 20 kamar.Nantinya, satu kamar itu bisa ditempati oleh 3 sampai 4 orang anak. Di Quran Center juga terdapat tiga taman, nanti bisa digunakan untuk para tahfiz quran belajar di taman itu.

Quran center tersebut merupakan komitmen Pemprov Riau dalam mencetak lahirnya para hafiz dan hafizah serta mengembangkan ilmu Alquran di Riau.

Editor : Eriandi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini