15 TPS di Sumbar Laksanakan Pemungutan Suara Ulang

×

15 TPS di Sumbar Laksanakan Pemungutan Suara Ulang

Bagikan berita
Foto 15 TPS di Sumbar Laksanakan Pemungutan Suara Ulang
Foto 15 TPS di Sumbar Laksanakan Pemungutan Suara Ulang

PADANG - Pemilihan Umum Serentak yang berlangsung pada 14 Februari 2024 lalu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat melaporkan terdapat 15 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang melakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di sepuluh kabupaten dan kota.Ketua KPU Sumbar, Surya Efitrimen, membenarkan adanya PSU di sepuluh kabupaten dan kota di Sumbar saat melakukan monitoring rakapitulasi penghitungan suara pemilu di Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat.

"Saya dapat mengonfirmasi bahwa terdapat PSU di sepuluh kabupaten dan kota di Sumatera Barat," ujar Surya Efitrimen pada Selasa pagi 19 Februari 2024 di Pasaman Barat.Surya menjelaskan bahwa sepuluh daerah tersebut meliputi Kabupaten Tanahdatar dengan 2 TPS, Kabupaten Agam dengan 1 TPS, Limapuluh Kota dengan 2 TPS, dan Kabupaten Pasaman dengan 1 TPS. Sementara itu, Kabupaten Solok Selatan dan Pasaman Barat masing-masing memiliki 1 TPS, Kota Padang dengan 4 TPS, serta Kota Padangpanjang, Kota Payakumbuh, dan Kota Pariaman masing-masing memiliki 1 TPS.

"PSU ini direkomendasikan oleh pengawas TPS akibat adanya pemilih yang tidak memiliki KTP elektronik dan tidak terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) namun menggunakan hak pilih," jelasnya.Sepuluh daerah tersebut yakni Tanah, Datar 2 TPS, Kabupaten Agam 1 TPS, Limapuluh Kota 2 TPS dan Kabupaten Pasaman 1 TPS. Kemudian Kabupaten Solok Selatan dan Pasaman Barat masing-masing 1 TPS, Kota Padang 4 TPS serta Kota Padangpanjang, Kota Payakumbuh dan Kota Pariaman masing-masing 1 TPS.

“PSU ini direkomendasikan pengawas TPS akibat adanya pemilih yang tidak memiliki KTP elektronik dan tidak terdaftar di dalam DPT dan DPTb menggunakan hak pilih,” ujarnya. (mat)

Editor : Eriandi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Ganefri
Terkini