Herman Darnel Ibrahim Paling Berpeluang Wakili 50 Kota ke Senayan

×

Herman Darnel Ibrahim Paling Berpeluang Wakili 50 Kota ke Senayan

Bagikan berita
Foto Herman Darnel Ibrahim Paling Berpeluang Wakili 50 Kota ke Senayan
Foto Herman Darnel Ibrahim Paling Berpeluang Wakili 50 Kota ke Senayan

PADANG - Daerah pemilihan (dapil II) Sumatera Barat, yang nyaris tak terpantau dari Padang, ternyata menyimpan semangat “pertempuran” hebat. Dari sini, untuk DPR-RI, para caleg saling menyalip.Terakhir, terdapat nama-nama yang mungkin akan melenggang ke Senayan. Mereka, Mulyadi (Demokrat), Ade Rizki Pratama (Gerindra), Arizal Aziz (PAN), Benni Utama (Golkar), Herman Darnel Ibrahim (PKB), Nevi Zuarina (PKS) dan Cindi Monica (Nasdem).

Di dapil II, terdapat satu kawasan yang luas yaitu Payakumbuh dan Limapuluh Kota. Dari nama-nama yang muncul, satu-satunya putera daerah tersebut dari PKB, Herman Darnel Ibrahim, seorang profesional, sekarang menjabat sebagai Anggota Dewan Energi Nasional RI (DEN), sebuah badan yang bekerja merancang kebijakan energi nasional di bawah Presiden.Herman yang akrab dipanggil HDI juga pernah menjabat Direktur PLN dan anggota DPD- MPR RI, PAW.

Menurut salah seorang warga, peluang putra Limapuluh Kota tersebut, cukup besar. Jika dilihat semua caleg DPR-RI untuk dapil II, memang hanya dia yang punya peluang cukup besar dari Luak 50.“Sesungguhnya tak perlu kampanye benar, jika warga Luak 50, berkehendak putra daerahnya ada yang duduk di DPR-RI, setelah 5 kali Pemilu yang lalu belum pernah ada yang terpilih lansung di Dapil Sumbar 2”, kata Rahmat, seorang warga di Payakumbuh, Rabu (7/2).

Sebenarnya, Riza Palepi juga bisa melaju, sayang pesaingnya sesama partai, Nevi sepertinya cukup berat atau sengaja diberi peluang oleh mantan walikota Payakumbuh tersebut.Kemudian ada lagi dari Demokrat Rezka Oktaberia, tapi di atasnya ada Mulyadi calon yang sudah kuat-kokoh. Dia akan melaju lagi ke Senayan bersama Rizki Pratama.

Nama lain anak Limapuluh Kota, Erizal Chaniago (Gerindra), Muhammad Rahmad (Golkar), Irfendi Arbi (Nasdem). Sejauh itu, belum ada putera puteri Luak Limpuluah yang terpilih langsung untuk ke Senayan, kecuali Rezka Oktaberia yang masuk lewat jalur pergantian antar waktu (PAW).Herman Darnel Ibrahim, yang dikontak kemarin menyebutkan, ia berusaha untuk mendapatkan suara rakyat.

“Namun, tentu tidak boleh berbesar hati dulu, yang penting berjuang bersama rakyat, doakan saja,” kata alumni ITB dan Manchester University ini.Herman adalah tokoh energi nasional urang awak yang sudah 2 kali terpilih sebagai anggota DEN RI yang lansung diketuai oleh Presiden, tersebut.

Anak Nagari Talang Maur, Kecamatan Mungka ini, sesuai pengakuannya, ingin menghabiskan waktu dan energi untuk membangun kampung halaman.“Saya orang Limapuluh Kota dan saya ingin ikut membangun daerah dari jalur politik,” katanya.

Peluang Herman yang besar untuk menang itu, disebabkan dua hal pertama dia satu-satunya putra Luak 50 dengan No Urut 1 dalam daftar caleg DPR-RI, kedua pengetahuan dan pengalaman profesionalnya di tingkat pusat selama ini, sangat cukup untuk membantu pembangunan di daerah nanti.Pemilu akan dilaksanakan pada 14 Februari, pekan depan guna memilih presiden, wakil presiden, anggota DPR-RI, DPD, DPRD provinsi, kota dan kabupaten.

Untuk DPR RI Sumbar dapat 14 kursi, Sumbar I dengan delapan kursi dan Sumbar II sebanyak enam kursi. Sumbar II meliputi delapan kabupaten/kota, Bukittinggi, Payakumbuh dan Pariaman, Kabupaten Padang Pariaman, Agam, Pasaman, Pasaman Barat dan Kabupaten Limapuluh Kota.Enam kursi, untuk delapan kabupaten kota, tapi jika dilihat akar budayanya, terdapat kesamaan, seperti Pariaman dan Padang Pariaman, Bukittinggi, Agam dan Limapuluh Kota, Payakumbuh, maka sudah semestinya tiap daerah terwakili. (*)

Editor : Eriandi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Ganefri
Terkini