Gunung Marapi Kembali Erupsi

×

Gunung Marapi Kembali Erupsi

Bagikan berita
Foto Gunung Marapi Kembali Erupsi
Foto Gunung Marapi Kembali Erupsi

PADANG - Gunung Marapi, yang terletak di wilayah Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar, kembali mengalami erupsi pada hari ini, Selasa (6/2/2024), mulai dari siang hingga sore.Menurut Teguh Purnomo, petugas Pos Pengamatan Gunung Marapi di Belakang Balok Bukittinggi, telah terjadi tiga kali letusan sejak siang hingga sore hari ini. Letusan pertama terjadi pukul 15:28 WIB, yang kedua pukul 16:04 WIB, dan yang ketiga pada pukul 17:02 WIB.

"Letusan Gunung Marapi terlihat jelas hingga kabut 0-II. Asap kawah bertekanan sedang hingga kuat berwarna kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal dan mencapai ketinggian 800-1000 meter di atas puncak kawah. Kolom asap bergerak ke arah Timur laut, dengan durasi letusan berkisar antara 28 hingga 38 detik," ungkap Teguh.Selain letusan, juga tercatat 36 kali hembusan dengan amplitudo antara 1.7 hingga 3.8 mm, dan durasi berkisar antara 25 hingga 304 detik.

Dengan status Gunung Marapi pada Level III (Siaga), masyarakat sekitar Gunung Marapi dan pendaki serta pengunjung diminta untuk tidak memasuki wilayah radius 4.5 km dari pusat erupsi (Kawah Verbeek) Gunung Marapi.Teguh juga mengingatkan agar masyarakat yang tinggal di sekitar lembah, aliran, atau bantaran sungai yang bermuara di Gunung Marapi untuk selalu waspada terhadap potensi ancaman bahaya lahar, terutama saat musim hujan.

Dalam menghadapi hujan abu, masyarakat diimbau untuk menggunakan masker penutup hidung dan mulut guna menghindari gangguan pada saluran pernapasan. Masyarakat juga diminta untuk menjaga kebersihan air bersih dan membersihkan atap rumah dari abu vulkanik agar tidak roboh.Teguh juga mengajak semua pihak untuk menjaga kondusivitas situasi di masyarakat, tidak menyebarkan informasi yang tidak jelas sumbernya, dan selalu mengikuti arahan dari pemerintah daerah.

Pemerintah Daerah Kota Bukittinggi, Kota Padang Panjang, Kabupaten Tanah Datar, dan Kabupaten Agam juga diminta untuk berkoordinasi dengan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi di Bandung atau Pos Pengamatan Gunung Marapi di Jl. Prof. Hazairin No.168 Bukittinggi untuk mendapatkan informasi langsung tentang aktivitas Gunung Marapi.Masyarakat dan pihak terkait dapat memantau perkembangan aktivitas Gunung Marapi serta rekomendasi melalui aplikasi Magma Indonesia, website Magma Indonesia (www.vsi.esdm.go.id atau https://magma.esdm.go.id), dan media sosial PVMBG (Facebook, Twitter, dan Instagram). (mc)

Editor : Eriandi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Ganefri
Terkini