8 PMI Ilegal Terciduk di Perairan Riau, Modus Operandi Terbongkar!

×

8 PMI Ilegal Terciduk di Perairan Riau, Modus Operandi Terbongkar!

Bagikan berita
Foto 8 PMI Ilegal Terciduk di Perairan Riau, Modus Operandi Terbongkar!
Foto 8 PMI Ilegal Terciduk di Perairan Riau, Modus Operandi Terbongkar!

PEKANBARU - Ditpolairud Polda Riau berhasil mengamankan 8 PMI ilegal dari Malaysia di perairan Sungai Bagan, Rokan Hilir, Sabtu (3/2/2024).Para PMI itu saat diperiksa mengaku Anak Buah Kapal (ABK) dan saat diperiksa lebihlanjut ternyata menggunakan dokumen dan paspor palsu.

Hal itu dibenarkan Direktur Polairud Polda Riau, Kombes Wahyu Prihatmaka saat ekspos, Senin (5/2)."Seorang nahkoda kapal berinisial S (58) sudah ditetapkan sebagai tersangka, ia di tahan ke kantor Subdit Gakkum Ditpolairud Polda Riau," katanya.

Tak hanya itu, Kapal kayu KM Nelayan Jaya II GT 19 yang digunakan juga diamankan dan saat ini ditahan di Satpolairud Polres Rohil di Bagan Siapiapi."Modusnya, PMI ilegal diberangkatkan dari Malaysia dengan memungut bayaran 2.200-2.400 Ringgit Malaysia per orang. Agen di Malaysia inisial BL berkoordinasi dengan agen di Indonesia inisial D untuk membuatkan buku pelaut palsu bagi PMI ilegal," ungkapnya.

Lebihlanjut, Kombes Wahyu menjelaskan mereka punya buku pelaut yang digunakan untuk mengelabui petugas seolah-olah PMI ilegal adalah ABK kapal."Hasil introgasi tersangka S menerima upah Rp1 juta per orang dari D untuk membawa PMI ilegal. D merupakan agen di Indonesia," jelasnya.

Tersangka S terancam penjara 5-15 tahun karena melanggar Pasal 120 ayat (1) UU No. 6/2011 tentang Keimigrasian.(San)

Editor : Eriandi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Ganefri
Terkini