Polda Riau Awasi Warnet Cegah Kejahatan Cyber Jelang Pemilu 2024

×

Polda Riau Awasi Warnet Cegah Kejahatan Cyber Jelang Pemilu 2024

Bagikan berita
Foto Polda Riau Awasi Warnet Cegah Kejahatan Cyber Jelang Pemilu 2024
Foto Polda Riau Awasi Warnet Cegah Kejahatan Cyber Jelang Pemilu 2024

PEKANBARU - Subdit V Siber Ditreskrimsus Polda Riau melakukan langkah preventif dalam mencegah potensi kejahatan cyber menjelang Pemilu 2024.Salah satu upayanya adalah dengan melaksanakan kegiatan berupa pengawasan dan pemantauan serta pembinaan kepada warnet di wilayah Pekanbaru.

Kegiatan ini dipimpin oleh Panit II Subdit V Siber Ditreskrimsus Polda Riau Ipda Asdoni bersama anggotanya Briptu M Gusri Ardi pada hari Jumat tanggal 5 Februari 2024 di Warnet Hangout Jalan Delima Panam Pekanbaru.Kasubdit V Siber Kompol Fajri menjelaskan tujuan kegiatan ini adalah untuk mencegah terjadinya kejahatan cyber di warnet, khususnya menjelang Pemilu 2024.

"Anggota kita memberikan pembinaan kepada pengelola warnet agar lebih selektif dalam menerima pengunjung dan mengawasi aktivitas mereka," ujar Fajri, Sabtu (3/2).Fajri menghimbau para pengunjung di warnet untuk mencegah terjadi penyalahgunaan seperti akses materi porno, judi, dan lain-lain.

"Pastikan warnet memiliki izin usaha yang sah. Kita juga melakukan pendataan terhadap pengunjung warnet," kata Fajri.Selain itu, Fajri juga mengawasi aktivitas pengunjung warnet dan laporkan kepada pihak berwajib jika ditemukan aktivitas mencurigakan. Ia meminta pengelola agar menyediakan perangkat lunak filter konten untuk mencegah akses ke situs-situs terlarang.

"Kegiatan ini disambut baik oleh pengelola warnet. Mereka menyatakan siap untuk bekerja sama dengan pihak kepolisian dalam mencegah terjadinya kejahatan cyber di warnet," jelasnya.Menurut Fajri, Ditreskrimsus Polda Riau berkomitmen untuk terus melakukan pengawasan dan pembinaan terhadap warnet di seluruh wilayah Riau. Hal ini dilakukan untuk menciptakan situasi yang aman dan kondusif menjelang pelaksanaan Pemilu 2024.

Masyarakat diimbau untuk selalu berhati-hati saat menggunakan warnet dan melaporkan kepada pihak berwajib jika menemukan aktivitas mencurigakan."Dengan kerja sama yang baik antara Polri, pengelola warnet, dan masyarakat, diharapkan potensi kejahatan cyber dapat diminimalisir dan Pemilu 2024 dapat berjalan dengan lancar dan aman," pungkasnya. (MC)

Editor : Eriandi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Ganefri
Terkini