38 PNS Pemprov Riau Terima SK Pensiun

×

38 PNS Pemprov Riau Terima SK Pensiun

Bagikan berita
Foto 38 PNS Pemprov Riau Terima SK Pensiun
Foto 38 PNS Pemprov Riau Terima SK Pensiun

PEKANBARU - Terhitung Mulai Tanggal (TMT) 4 April 2024, sebanyak 38 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menerima SK Pensiun. Penyerahan SK Pensiun merupakan pelayanan administrasi pensiun yang dilaksanakan oleh BKD Provinsi Riau.SK Pensiun 38 abdi negara itu diserahkan oleh Asisten III Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Riau, Elly Wardani, di Kantor BKD Provinsi Riau, Jumat (2/2/2024).

"Saya selaku pribadi dan mewakili Pemerintah Provinsi Riau mengucapkan terima kasih kepada bapak/ibu PNS atas pengabdiannya yang telah bertugas selaku abdi negara di lingkungan Pemprov Riau," kata Elly.Ia menjelaskan, masa pensiun merupakan salah satu tahap kehidupan PNS yang harus dilewati. Masa purna bakti juga merupakan suatu penghormatan dalam bentuk penghargaan oleh negara kepada ASN yang telah mengabdi sebagian hidupnya untuk bangsa dan negara.

"Tahap ini merupakan tahapan baru yang akan dihadapi, maka persiapkan kondisi fisik dan mental bapak/ibu dalam menghadapi masa pensiun, serta upayakan untuk senantiasa berfikir optimis," jelas Elly Wardani.Menurutnya, dalam menghadapi berbagai perubahan saat memasuki fase baru dalam hidup, bukanlah hal yang mudah bagi banyak orang, termasuk Pegawai Negeri Sipil yang memasuki usia pensiun.

"Ada hal-hal yang bisa saja muncul secara alami seperti kecemasan, kebingungan, dan perasaan tidak siap, untuk itu persiapkan sejak dini," katanya.Ia juga berpesan kepada para pensiunan untuk berusaha tidak berdiam diri usai menerima SK Pensiun ini. "Kembangkan hobi yang menyenangkan, apalagi yang bisa bermanfaat untuk masyarakat sekitar dan memungkinkan untuk menjadi tambahan pendapatan keluarga," pesan Elly.

"Sebab, seperti yang kita ketahui bersama, gaji pokok pensiun yang diterima tidak sama dengan gaji pokok PNS yang masih aktif, hal ini juga bisa menjadi pemicu datangnya penyakit, karena bapak/ibu stress memikirkan berkurangnya pendapatan," ungkapnya.Lebih lanjut ia menyebutkan, bahwa para pensiunan juga bisa juga sharing informasi dengan para pensiunan yang telah berhasil membangun usaha, menjalani masa pensiun dengan lebih produktif.

"Tentunya juga harus tetap menjaga pola hidup sehat dan lebih mendekatkan diri pada Tuhan Yang Maha Kuasa," sebut Elly.Sementara itu, Kepala BKD Riau, Makmun Murod mengatakan, acara penyerahan SK Pensiun ini merupakan salah satu tugas pokok fungsi di BKD Riau yaitu, memberikan pelayanan administrasi umum bagi PNS yang bertugas di Pemprov Riau.

"Berkas usulan pensiun memang kami minta 12-15 bulan sebelum terhitung dari TMT. Hal ini dilakukan untuk memaksimalkan pelayanan administrasi pensiun yang kami berikan untuk menghindari adanya keterlambatan," Murod.Saat ini berkas usul pensiun memang masih disampaikan secara manual ke BKD Riau, namun pada waktu dekat persyaratan pensiun akan diusulkan secara online melalui aplikasi Sigma yang dikembangkan oleh BKD Riau.

"Kami berharap dengan ini dapat meningkatkan pelayanan kepegawaian pensiun di masa yang akan datang," harapnya.Usia acara penyerahan SK Pensiun, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh PT Taspen kepada para penerima SK Pensiun. (MC)

Editor : Eriandi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Ganefri
Terkini