Tahun Ini Unand Terima 7.505 Mahasiswa Baru

×

Tahun Ini Unand Terima 7.505 Mahasiswa Baru

Bagikan berita
Foto Tahun Ini Unand Terima 7.505 Mahasiswa Baru
Foto Tahun Ini Unand Terima 7.505 Mahasiswa Baru

PADANG - Pada Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) tahun ini Universitas Andalas (Unand) menyediakan kuota sebanyak 7.505. Dari jumlah tersebut setengahnya berpeluang diterima dari jalur tes atau SNBT.Hal itu dikatakan Rektor Unand, Efa Yonnedi pada saat jumpa pers penerimaan mahasiswa baru 2024, Kamis (1/2) di ruang rapat rektorat kampus tersebut.

Rektor mengatakan, jumlah kuota tahun ini naik dari jumlah tahun kemarin, tapi dia menekankan kalau jumlah itu naik karena ada penambahan tiga program studi (prodi) baru.Dia menyebutkan, jika dibanding tahun lalu yang kuotanya sebanyak 7420, tahun ini jadi 7505.

"Jadi sebenarnya ini bukan penambahan kuota, karena memang tidak ada penambahan di kuota per prodi, ini karena ada penambahan tiga prodi baru tahun ini," kata Efa.Adapun tiga prodi baru ini, yaitu prodi ekonomi islam dengan jumlah kuota 40 orang , prodi kewirausahaan sebanyak 30 orang , dan prodi arsitektur sebanyak 40 orang.

"Jadi memang tak ada tambah daya tampung," kata rektor.Sebelumnya Efa juga menerangkan, pada PMB tahun ini prosesnya masih sama dengan tahun sebelumnya, yakni ada tiga jalur yang disediakan kepada pendaftar, yaitu jalur Seleksi Nasional Berdasarkan (SNBP), Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT), dan jalur mandiri.

"Penerimaan mahasiswa baru tidak berbeda. Skemanya masih sama dengan 2023," katanya.Selain itu Efa juga mengingatkan pendaftar bisa memilih empat bidang prodi, dengan ketentuan dua sarjana dan dua di bidang vokasi. Dia juga mengingatkan kepada pendaftar yang sudah mendaftar di jalur SNBP tak bisa lagi mendaftar di dua jalur lainnya. (w)

Editor : Eriandi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Ganefri
Terkini