Antisipasi Kebutuhan Uang Tunai Jelang Lebaran, Khusus untuk Sumatera Barat, Bank Mandiri Siapkan Rp 430 M

×

Antisipasi Kebutuhan Uang Tunai Jelang Lebaran, Khusus untuk Sumatera Barat, Bank Mandiri Siapkan Rp 430 M

Bagikan berita
Foto Antisipasi Kebutuhan Uang Tunai Jelang Lebaran, Khusus untuk Sumatera Barat, Bank Mandiri Siapkan Rp 430 M
Foto Antisipasi Kebutuhan Uang Tunai Jelang Lebaran, Khusus untuk Sumatera Barat, Bank Mandiri Siapkan Rp 430 M

PADANG - Bank Mandiri menyiapkan net kebutuhan uang tunai sekitar Rp 31,3 triliun untuk mengantisipasi peningkatan kebutuhan uang tunai di masyarakat pada 18 Maret-16 April 2024 saat  dan menjelang Idul Fitri 1445 H.Jumlah net kebutuhan uang tunai tersebut naik sebesar 10,5 persen dibandingkan proyeksi tahun sebelumnya.

Sedangkan di wilayah Sumatera Barat kebutuhan uang tunai sebesar Rp3,6 triliun. Dan khusus wilayah Sumatra Barat, Bank Mandiri siapkan kebutuhan uang tunai sebesar Rp 430 miliar.Area Head Bank Mandiri Area Padang, Oktariza mengatakan langkah ini diharapkan dapat membantu masyarakat memenuhi berbagai kebutuhan pada periode bulan dan Hari Raya Idul Fitri mendatang, terutama pada masa pembayaran gaji dan THR ASN.

Sebagian besar dari alokasi kebutuhan uang tunai tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan pengisian ATM Bank Mandiri selama periode tersebut."Guna mendukung penyaluran uang tunai ke masyarakat, kami juga telah mengoptimalisasi pengisian 12.874 mesin ATM/CRM Bank Mandiri yang terhubung dalam jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus di seluruh Indonesia dan 118 mesin ATM/CRM di wilayah Sumatra Barat sejak awal bulan ini hingga saat libur Lebaran,” kata Oktariza dalam keterangan resminya, Rabu (03/04/2024).

Selain mesin ATM, dia melanjutkan, Bank Mandiri juga mengoptimalkan channel-channel pembayaran non tunai untuk membantu nasabah bertransaksi dengan cepat, antara lain dengan mesin EDC, QRIS, aplikasi Livin’ by Mandiri maupun Livin Merchant.Jumlah seluruh kantor Cabang Bank Mandiri di wilayah Sumatra Barat adalah 40 Kantor Cabang yang masih beroperasi sampai tanggal 5 April 2024, selanjutnya Kantor Cabang akan kembali aktif beroperasi di 16 April 2024.

Selama Kantor Cabang tutup, terdapat Customer Service Machine (CSM) yang tersebar di Kota Padang yakni sebanyak 4 mesin CSM yang dapat dimanfaatkan oleh nasabah untuk Transaksi Non Financial seperti buka rekening, ambil kartu debit, buka blokir kartu dan ganti kartu debitUntuk Transaksi Financial, nasabah dapat memanfaatkan Livin’ by Mandiri yang mampu memenuhi berbagai kebutuhan seperti cek saldo, transfer hingga Rp300 juta, pembayaran tagihan bulanan & e-commerce, top up e-money maupun e-wallet, pembayaran dengan QRIS serta 2 fitur terbaru yaitu tap to pay dan penarikan uang tanpa kartu di mesin ATM. Bahkan, nasabah juga dapat melakukan pemesanan tiket kereta, pesawat, sampai tempat wisata melalui fitur Sukha pada super app ini

Oktariza menjelaskan, pihaknya juga akan memastikan kesiapan jaringan IT secara optimal untuk mengantisipasi kenaikan transaksi yang dilakukan nasabah pada seluruh channel pembayaran elektronik, dengan membentuk tim monitoring IT yang selalu siaga."Tidak hanya itu, selama bulan Ramadan, Bank Mandiri juga memberikan banyak program khusus spesial Ramadhan untuk memanjakan nasabah. Program Ramadhan di wilayah Sumatra Barat menggandeng merchant cafe/resto, groceries, elektronik, gadget, hingga oleh-oleh yang tersebar di Sumatra Barat,” tukasnya.

Apabila nasabah maupun pemilik toko menggunakan EDC Bank Mandiri maka berkesempatan untuk mendapatkan kupon doorprize berupa Logam Mulia dengan transaksi minimal Rp. 10.000,-.Selain itu Bank Mandiri juga memiliki program menarik untuk pembayaran menggunakan kartu kredit di Merchant pilihan seperti Pusat Buah, SJS Plaza maupun Hotel Mercure dan Hotel Santika Bukittinggi.

Bank Mandiri juga menyediakan fasilitas Layanan Antar Jemput (LAJU) yang ditujukan kepada perusahaan segmen wholesale untuk melakukan pemesanan layanan pengantaran dan/atau penjemputan uang tuna (Cash Pick Up dan Delivery).Nasabah hanya perlu request pendaftaran melalui platform Kopra, sehingga jika butuh setor uang tunai tidak perlu datang ke Bank. Layanan Antar Jemput Uang (LAJU) tersedia di tanggal 8,12 dan 14 April 2024. (*)

Editor : Eriandi, S.Sos
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Ganefri
Terkini