429 Calon Jemaah Haji di Agam Sudah Melunasi Biaya Keberangkatan

×

429 Calon Jemaah Haji di Agam Sudah Melunasi Biaya Keberangkatan

Bagikan berita
429 Calon Jemaah Haji di Agam Sudah Melunasi Biaya Keberangkatan
429 Calon Jemaah Haji di Agam Sudah Melunasi Biaya Keberangkatan

AGAM - Kuota calon jamaah haji (CJH) di Kabupaten Agam, Sumatera Barat, sebanyak 150 orang yang berangkat ke Tanah Suci pada 2022, sedangkan yang telah melunasi biaya keberangkatan 429 orang pada 2020.Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama Agam, Zulkarnain Batubara di Lubukbasung, Kamis, mengatakan, ini berdasarkan kuota dari Dirjen Pelayanan Haji dan Umrah Kementerian Agama yang diterima pada Minggu (8/5/2022).

"Kita telah mengumumkan ke seluruh jamaah haji pada Senin (9/5) dan mereka saat ini sedang melengkapi dokumen informasi ulang dari pihak bank," katanya.Ia mengatakan, kelengkapan dokumen itu paling lambat pada Jumat (20/5), namun di Agam diusahakan pada Rabu (18/5).

Ini mengingat bahwa seluruh dokumen itu telah lengkap sebelumnya dan hanya sebagian yang masih kurang."Paspor sudah terkumpul sudah 95 persen dan hanya sebagian kecil dokumen milik CJH yang kurang," katanya.

Ia menambahkan, CJH itu bakal vaksin meningitis di Puskemas Lubukbasung, Puskesmas Biaro dan Puskesmas Pakan Kamih.Sedangkan untuk vaksin COVID-19 pertama dan kedua sudah seluruhnya CJH divaksinasi.

Setelah itu, manasik haji enam kali menjelang keberangkatan dan masih menunggu petunjuk teknis dari Kemenag Sumbar."Sebelumnya CJH sudah mengikuti manasik haji dua tahun berturut-turut dan kita masih menunggu petunjuk teknis dari Kemenag Sumbar, termasuk jadwal keberangkatan dan kloter," katanya.

Ia mengakui, total CJH yang melunasi biaya keberangkatan sebanyak 429 orang dari yang mendaftar sebanyak 2.053 orang.Dari 429 orang itu, sebanyak 279 orang CJH tidak berangkat akibat kuota hanya 150 orang dan pada 2019 sebanyak 520 orang.

Sementara CJH diatas usia 65 tahun sebanyak 125 orang dan tidak berangkat akibat kebijakan dari Pemerintah Arab Saudi."Kita telah menyampaikan kepada CJH dan mereka menerima karena ini kebijakan dari Arab Saudi," katanya.(mat)

Editor : Eriandi, S.Sos
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Ganefri
Terkini