25 Sungai Mengamuk Dampak Erupsi Marapi, Ini Daftarnya

×

25 Sungai Mengamuk Dampak Erupsi Marapi, Ini Daftarnya

Bagikan berita
Foto 25 Sungai Mengamuk Dampak Erupsi Marapi, Ini Daftarnya
Foto 25 Sungai Mengamuk Dampak Erupsi Marapi, Ini Daftarnya

PADANG - Erupsi, disusul Galodo telah meluncur sari tubuh Marapi. Lahar dingin menghatam nagari-nagari. Tercatat 25 anak sungai yang mengamuk, 7 berada di Agam, sisanya 18 di Tanah Datar.Kepala BPBD Sumbar, Rudy Rinaldi, Senin (8/4) kepada Singgalang menyebutkan, dari 18 sungai di Tanah Datar, dua di antaranya juga melewati Padang Panjang. Satu sungai di Agam dan juga Tanah Datar.

Anak-anak sungai yang mengamuk sejak beberapa hari lalu sampai tadi sore itu:Agam, Batang Sariak, Kabatang, Jabuah, Tambuo, Katik dan Batang Lasi.

Dua sungai Tanah Datar dan Padang Panjang, Batang Aie Kalat dan Sikakat. Sedang Agam dan Tanah Datar, Batang Lalo.Sungai-sungai berikut kesemuanya di Tanah Datar: Batang Siririt, Lubuak Batang, Gadis, Ngalau, Malana Kaciak, Bangkaweh, Arau, Malana Gadang, Malana, Batu Balakang, Barikahan, Bandaruh, Sinya, Tua Panuang, Sandir dan Sungai Talang.

Terakhir didapat kanar Batang Aie Kariang di Salimpuang juga mulai meluap.Lahar dingin meluncur kencang dari tubuh Marapi yang curam melalui sarasah-sarasah. Pemerintah setempat telah siaga dan meminta warga untuk tidak lalai.

Baca juga:

Malam yang kian larut dengan hujan yang terus turun, seperti mengintai.Sementara itu, pemerintah sudah membuat laporan pada presiden (01)

Editor : Eriandi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Ganefri
Terkini