1.000 Benih Kakap Putih Ditebar di Kepulauan Meranti Riau

×

1.000 Benih Kakap Putih Ditebar di Kepulauan Meranti Riau

Bagikan berita
Foto 1.000 Benih Kakap Putih Ditebar di Kepulauan Meranti Riau
Foto 1.000 Benih Kakap Putih Ditebar di Kepulauan Meranti Riau

SELATPANJANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti, Riau bersama Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Riau serta Balai Perikanan Budidaya Laut (BPBL) Batam menebar ribuan benih ikan kakap putih.Kegiatan ini dilaksanakan di Keramba Jaring Apung (KJA) Desa Sialang Pasung, Kecamatan Rangsang Barat, Kabupaten Kepulauan Meranti, Kamis (22/2/2024).

Kepala Dinas Perikanan Kepulauan Meranti Ahmad Yani menyampaikan tahun 2024 ini, ada 6.000 benih ikan kakap putih yang akan ditebar di Kepulauan Meranti."Alhamdulillah, hari kita sudah menebarkan lebih kurang 1.000 ekor di Desa Sialang Pasung ini, nanti secara berkelanjutan akan kita tebar terus sampai 6.000 ekor," ungkapnya.

Dia menyebutkan, sejauh ini pihaknya masih bekerja sama dengan BPBL Batam dalam bentuk bantuan telur ikan kakap putih."Ke depannya kami berharap petunjuk dari BPBL Batam, agar kami bisa membenihkan sendiri," ujar Ahmad Yani.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Riau Yurnalis mengatakan beberapa waktu lalu bersama Plt Bupati Asmar, telah meninjau langsung Balai Benih Ikan (BBI) Kabupaten Kepulauan Meranti."Saya lihat ini luar biasa, landscape nya bagus, pembenihan dan pembibitannya juga bagus dan untuk wilayah pesisir saya kira Kepulauan Meranti bisa dijadikan role model bagi daerah lain," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti, Bambang Suprianto mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kerja sama semua pihak yang ikut berpartisipasi."Kepulauan Meranti ini memiliki potensi perikanan yang cukup besar baik di bidang perikanan tangkap maupun budidaya," jelasnya.

Lebih lanjut Bambang mengatakan, tahun 2023 menunjukkan perkembangan budidaya yang sangat signifikan.Tercatat terjadi peningkatan pembudidaya dari lebih kurang 715 orang menjadi 885 orang, atau meningkat 21,4 persen.

Sedangkan jumlah sarana budidaya khususnya KJA dari 86 unit (342 kantong) menjadi 146 unit (584 kantong) keramba."Dan jumlah produksi budidaya dari 202 ton menjadi 328 ton," ujar Bambang.

Selain di Desa Sialang Pasung, tambah Sekda, juga akan dilakukan tebar benih di Pokdakan KJA Selat Akar dan dua Pokdakan tambak di Desa Banglas dan Desa Meranti Bunting."Dengan ditetapkannya Meranti sebagai Kampung Perikanan Budidaya Kakap Putih, maka kita perlu meningkatkan produksi hasilnya. Maka dari itu hari ini kita akan melakukan penebaran benih kakap putih di beberapa kelompok pembudidaya," ungkapnya.

Turut hadir Kepala BPBL Batam Ikhsan Kamil, Kepala Balai Karantina Hewan dan Makanan Riau Satuan Pelayanan Selatpanjang Desta Sagita Romli, Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Pembangunan Randolph, dan sejumlah kepala OPD terkait, para pejabat serta pejabat lainnya. (Mc Riau)

Editor : Eriandi, S.Sos
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Ganefri
Terkini